Film Tentang Pencemaran Laut Timor Raih 12 Penghargaan Internasional Film dokumenter A Crude Justice menadapat banyak penghargaan (Foto: ist)

SEBUAH film dokumenter yang mengisahkan tentang pencemaran Laut Timor berjudul A Crude Injustice berhasil mendapat 12 penghargaan internasional. Tak hanya itu, A Crude Injustice juga dinominasikan dalam 30 film festival dokumenter di berbagai negara.

Dilansir dari Antara (21/11), Tim Advokasi Rakyat Korban Pencemaran Laut Timor, Ferdi Tanoni mengatakan belum lama ini A Crude Injustice diputar di Street Sydney-Australia dalam Festival Film Indie Sydney. Di sana film dokumenter itu meraih penghargaan kategori Film Dokumenter Pendek Terbaik.

1. Diputar di 25 festival film dokumenter internasional

Potongan film A Ccride  Injustice (Sumber: Youtube)
Potongan film A Ccride Injustice (Foto: Youtube)

Tanoni menjelaskan A Crude Injustice disutradarai oleh seorang wartawan independen asal Perth-Australia Barat bernama Jane Hammond. Hingga kini film tersebut telah diputar di 25 festival film dokumenter internasional.

Film dokumenter ini menyorot dampak setelah bencana yang terjadi pada 21 Agustus 2009. Saat itu kilang minyak di Montara meledak dan mengakibatkan kebocoran minyak. Hal itu ternyata berdampak buruk bagi nelayan Indonesia.

2. Butuh riset hingga 7 tahun

Poster A Crude Injustice (Sumber: tmff.net)
Poster A Crude Injustice (Foto: tmff.net)

Meski hanya berdurasi 26 menit, proses Film yang mengangkat peristiwa setelah jutaan liter minyak mencemari laut itu membutuhan waktu yang tidak sebentar. Pasalnya Hammond harus melakukan investigasi terlebih dahulu selama tujuh tahun.

Hammond memutuskan membuat film dokumenter di tahun 2013. Sebelumnya ia mengaku sangat frustasi karena melihat ketidakadilan saat bencana. Kebetulan ketika bencana Hammond bekera di koran The West Australian. Ia pun mengikuti tragedi itu selama bertahun-tahun.

3. Deretan penghargaan yang diraih

A Crude Injustice pernah meraih penghargaan 2017 Humanitarian Award of Distinction pada festival IndieFest Film Awards USA pada Februari 2018. Film tersebut juga mendapat mendali perak dalam Festival Film Mindfield, Albuquerque, AS pada 14 Oktober 2017.

Tanoni menambahkan A Crude Injustice juga terpilih dan dinominasi dalam festival-festival film dokumenter antara lain Wolves Independent International Film Awards, Lithuania pada 25 Agustus 2017, Miami Independent Film Festival, USA pada 6 Agustus 2017, Sunchild International Environmental Festival, Armenia pada 13 Oktober 2017. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH