Film Superhero Indonesia Tak Kalah Hebat dengan Hollywood Film superhero versi Indonesia (Foto: pexels/porapak apichodilok)

KARAKTER superhero mulai memasuki masa-masa gemilang. Semakin banyak terbentuknya pahlawan dengan kekuatan super yang diangkat dari komik menjadi film oleh berbagai produser. Salah satu yang paling terkenal adalah Avenger. Kelompok superhero yang terdiri dari IronMan, Hulk, Captain Amerika, Black Widow, Hawkeye, Thor, dan masih banyak lagi. Setiap karakter memiliki kekuatan yang berbeda. Tujuannya satu, menjaga bumi dari serangan penjahat.

Tak mau kalah, Indonesia juga memiliki pahlawan super sendiri yang juga memiliki kekuatan hebat. Salah satu yang dikenal bahkan telah masuk ke layar lebar adalah film Gundala dari Bumilangit Cinematic Universe. Tetapi, sebelum adanya Gundala dan lainnya, sudah ada beberapa karakter hero yang dibuat dalam komik lokal. Karena itu, merahputih.com telah merangkum empat karakter superhero dengan kearifan lokal yang mulai bangkit selama bertahun-tahun. Jangan lupa dukung dan saksikan aksi mereka ya!

Baca juga:

Gundala Sukses Tembus Toronto International Film Festival 2019

1. Rama Superman Indonesia

Film Superhero Indonesia Tak Kalah Hebat dengan Hollywood
Rama Superman Indonesia jadi film pertama yang membahas superhero (Foto: Youtube/Falcon)

Populer tahun 1974, film Rama Superman Indonesia pertama kali rilis bertemakan superhero. Diperankan oleh August Melasz sebagai Rama, Yenny Rachman sebagai Lia dan Boy Shahlani sebagai Boy.

Film ini menceritakan kisah penjual koran yang mendapat kekuatan secara mendadak. Kekuatan super pemeran utama bernama Andi ini diperoleh berkat kupu-kupu dari seorang kakek.

Digambarkan serupa dengan kekuatan superman. Disutradarai oleh Frans Totok Ars, film Rama Superman Indonesia tak tayang secara internasional. Film Rama Superman Indonesia dinilai melanggar hak cipta tokoh superhero asal DC Comics Superman.

2. Darna Ajaib, wonder woman Indonesia

Film Superhero Indonesia Tak Kalah Hebat dengan Hollywood
Film Darna Ajaib menceritakan perempuan yang terlahir memiliki kemampuan super (foto: IMDb)

Wonder Woman versi Indonesia, dihadirkan dalam film Darna Ajaib. Rilis tahun 1980, film Darna Ajaib menceritakan manusia yang terlahir memiliki kemampuan super. Berperan melawan Maria, teman di masa kecil yang dirasuki oleh roh jahat seperti yang dilansir dari laman IMDb.

Disutradarai Liliek Sudjio, pemain film Darna Ajaib diisi oleh aktor dan aktris lawas termasuk Hamid Arief, Dian Ariestya, dan Emilia Djayakusuma. Alur cerita dituliskan oleh Sofyan Sharna.

Baca juga:

Tara Basro Mengaku Enggak Seperti Wulan di Film 'Gundala'

3. Valentine, superhero perempuan Indonesia

Film Superhero Indonesia Tak Kalah Hebat dengan Hollywood
Film Valentine menggambarkan kemampuan super perempuan Indonesia (Foto: pinterest)

Penayangan perdana film Valentine berlangsung pada tanggal 23 November 2017. Diproduksi oleh Skylar Pictures, penayangan film ini hanya berlangsung sesaat dan ditarik kembali dari peredaran. Film yang menceritakan perempuan Indonesia ini kembali ditayangkan pada awal tahun 2019.

Film garapan sutradara Agus Hermansyah Mawardy, Valentine menggambarkan kemampuan super perempuan Indonesia selayaknya Wonder Woman. Mulai dari keberanian, penderitaan hingga aksi kemanusiaan yang memukau.

4. Gundala, putra petir Indonesia

Film Superhero Indonesia Tak Kalah Hebat dengan Hollywood
Film Gundala menceritakan kisah kehidupan orang biasa bernama Sancaka yang tersambar petir dan memperoleh kekuatan super (Foto: IMDb)

Terinspirasi dari keberhasilan Marvel Cinematic Universe, studio film Jagat Sinema Bumilangit asal Indonesia merilis film Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot. Ditayangkan pada 29 Agustus 2019. Pahlawan berkarakter sebagai putra petir Indonesia yang memiliki keahlian dalam seni bela diri.

Disutradarai oleh Joko Anwar, film Gundala diadaptasi dari komik Gundala Putra Petir karya Hasmi Suraminata. Diperankan oleh Abimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae dan Ario Bayu.

Berbeda dari cerita komik, film ini membahas kisah kehidupan orang biasa bernama Sancaka yang tersambar petir dan memperoleh kekuatan super. Dan dikenal sebagai Gundala. Film ini menghadirkan koreografi, sinematografi, latar musik dan efek visual yang ciamik. Tak berlebihan.

Dikabarkan film Gundala sebagai perencanaan awal layar sinema Indonesia, terkhusus Jagat Sinema Bumilangit yang akan merilis karakter superhero lain di masa mendatang. Joko Anwar juga mengabarkan melalui the verge, Bumilangit Studios memiliki lebih dari 1.100 karakter komik Indonesia yang akan dijadikan film. (Dys)

Baca juga:

Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Film Gundala


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH