Film

Film 'Perempuan Tanah Jahanam' Wakili Indonesia di Oscar 2021

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 11 November 2020
Film 'Perempuan Tanah Jahanam' Wakili Indonesia di Oscar 2021
Film 'Perempuan Tanah Jahanam' resmi wakili Indonesia di Academy Awards ke 93 (Foto: Instagram@tanahjahanam)

FILM garapan Joko Anwar Perempuan Tanah Jahanam resmi mewakili Indonesia untuk bersaing di kategori Film Fitur International (International Feature Film) di Academy Awards ke 93 yang akan digelar pada bulan April 2021.

Dilansir dari Antaranews.com, Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia, Garin nugroho, menetapkan film Perempuan Tanah Jahanam menjadi wakil Indonesia di Academy Awards ke 93.

Baca Juga:

Daftar Lengkap Nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia 2020

film
Film ini sudah memenuhi beberapa unsur seleksi oleh Komite Seleksi Oscar (Foto: Youtube_Base Indonesia)


“Sesuai pedoman Komite Seleksi Oscar di Indonesia dan regulasi Academy of Motion Picture Arts dan Sciences (AMPAS), setelas dilakukan penilaian, komite menetapkan film berjudul Perempuan Tanah Jahanam menjadi wakil Indonesia sebagai film pilihan kategori International Feature Film,” kata Garin di konferensi pers daring, Selasa 10/11/20.

Garin mengungkapkan, film ini dipilih oleh tim komite karena memenuhi sejumlah kriteria seperti unsur-unsur film, termasuk dari sisi penyutradaraan, hingga skenario film.

Selain itu Garin yang ditemani oleh Deddy Mizwar mengatakan, film yang bergenre horor dan thriller itu membawa nilai-nilai lokal dan global. Sehingga akan mampu merepresentasikan Indonesia di ajang penghargaan film terbesar di dunia itu.

“Dalam film ini juga ada yang menarik. Mulai dari unsur yang telat teruji, hingga latar belakang budaya terkait mistisme di Indonesia juga menjadi swadaya kuat dari film ini,” ungkap Garin.

Baca Juga:

Kiat Menjadi Sutradara Berkualitas ala Yandy Laurens

film
'Perempuan Tanah Jahanam' juga memborong nominasi Piala Citra di FFI 2020. (Foto: Youtube_Base Indonesia)


Sementara itu, film yang disutradarai oleh Joko Anwar, memborong nominasi Piala Citra di acara Festival Film Indonesia 2020. Film ini telah memecahkan rekor nominasi terbanyak dalam sejarah Festival Film Indonesia.

Kategori nominasi yang diborong antaralain Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta lagu Tema Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik.

Setelah tayang perdana pada September 2019 di Indonesia, film yang sudah ditonton oleh 1,8 juta orang ini, juga diputar di bioskop mancanegara, termasuk di Thailand. (Kna)

Baca Juga:

6 Tahun Absen, Laura Basuki Masuk Nominasi FFI 2020

#Film #Oscar #Academy Awards #Film Indonesia #Festival Film Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan