Film Pendek Horor Indonesia yang Seru Disaksikan di 'Friday The 13th' Salah satu film pendek horor terbaik Indonesia, Taksi (Sumber: The YOMYOMF)

JUMAT tanggal 13 atau yang disebut Friday The 13th identik dengan nuansa horor. Hal itu membuat kegiatan nonton film horor bisa menghadirkan sensasi mencekam yang luar biasa. Nah, di Indonesia sendiri punya sederet film horor yang tak kalah dengan film Hollywood.

Mulai dari wujud setan yang sangat menyeramkan hingga legenda yang menyelimuti sosok hantu tersebut menjadi faktor mengapa film horor Indonesia layak ditonton. Tak perlu menyaksikan film yang panjang, film pendek horor Indonesia pun berhasil membuat bulu kudukmu berdiri.

Berikut film pendek horor Indonesia yang bisa disaksikan di Jumat malam ini:

1. Makmum

Ibadah di tengah malam tak hanya menghadirkan rasa khusuk, namun juga ada nuansa mistis yang kerap menggelayuti. Beberapa orang berhalusinasi melihat sosok penampakan malam, sementara yang lainnya benar-benar bisa merasakan kehadiran makhluk tak kasat mata.

Kisah tersebut menginspirasi Riza Pahlevi untuk mengangkat kisah ini dalam sebuah film pendek. "Horor dan religi adalah dua genre film yang memiliki kedekatan dengan masyarakat Indonesia. Makmum menggabungkan kedua genre itu menjadi sajian film yang diangkat berdasarkan kisah nyata," demikian penuturan sang sutradara.

2. Taksi

Kamu perempuan dan suka pulang hingga larut malam? Kamu mungkin akan parno setelah menyaksikan film berjudul Taksi. Film yang dibintangi oleh Shareefa Daanish ini menceritakan tentang perempuan muda yang pulang larut malam. Di jalanan yang sepi itu ia menghadapi marabahaya. Namun, akhir dari kisah ini takkan mungkin bisa kamu duga.

3. Dara

Shareefa Daanish memang juaranya film horor. Lewat tatapan matanya yang dingin saja berhasil membuat bulu kuduk kita meremang. Selain film Taksi, film pendek horor yang pernah ia perankan adalah Dara. Film bergenre slasher tersebut bahkan dibuat dalam versi film panjang dengan judul Rumah Dara.

Mengisahkan tentang pemilik restoran bernama Dara. Restoran yang dikelola Dara dikenal memiliki steak yang begitu enak. Kepiawaiannya dalam mengolah daging membuat banyak pria jatuh hati padanya dan berusaha mengajaknya berkencan. Para lelaki itu berkunjung ke rumah Dara. Namun, mereka tak pernah tahu apa yang tersembunyi di balik pintu rumah Dara.

4. Siksa Kubur

Konsep pahala dan dosa masih begitu melekat di masyarakat Indonesia. Pahala dikaitkan dengan surga dan digambarkan dengan begitu indah. Sebaliknya, dosa dikaitkan dengan neraka dan siksa kubur. Siksa kubur adalah bentuk pertanggungjawaban mereka yang pendosa dan dideskripsikan dengan begitu menakutkan.

Joko Anwar mampu menvisualisasikan rasa takut tersebut dalam sebuah film berjudul Grave Torture (Siksa Kubur). Film pendek ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang masuk ke dalam peti mati ayahnya. Ia ikut terkubur dengan jasad sang ayah yang semasa hidupnya adalah seorang pembunuh. Di sana ia menyaksikan sendiri ayahnya mendapatkan siksa kubur.

5. Sandekala

Dalam kepercayaan Jawa ada mitos larangan keluar jelang Magrib. Perubahan siang ke malam atau yang dikenal dengan Sandekala diyakini memiliki energi negatif dan menjadi waktu yang tepat bagi makhluk halus untuk keluar. Film ini mengisahkan ibu dan anak yang keluar saat waktu Maghrib.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH