Film 'Parasite' Dituduh Plagiarisme oleh Pembuat Film Asal India 'Parasite' dituduh melakukan Plagiat film Minsara Kanna (Foto: Next Shark)

FILM Korea pertama yang berhasil meraih piala Oscars, BAFTA, dan Golden Globe, Parasite dituduh melakukan plagiarisme oleh pembuat film dan produser asal India bernama P.L. Thenappan.

Thenappan mengatakan bahwa Bong telah mencuri plot dari filmnya yang berjudul Minsara Kanna, sebuah film bergenre komedi romantis yang diproduserinya pada tahun 1999 silam. "Aku melihat film Parasite asal Korea Selatan dan aku rasa mereka telah mencuri alur cerita dari Minsara Kanna," ujarnya seperti di lansir dari India Today.

Baca juga:

Selain Parasite, Karya Bong Joon-ho Ini Layak Memenangkan Golden Globe

Thenappan mengaku akan meneruskan masalah ini ke ranah hukum. "Aku sedang bericara dengan pengacara internasional dan berencana untuk mengajukan kasus ini kepada pembuat film Parasite," tambahnya.

Film Parasite dituduh melakukan plagiarisme (Foto: rogerebert.com)

Disisi lain, Sutradara dari film Minsara Kanna, K.S. Ravikumar mengaku tidak begitu mempermasalahkan hal ini. Justru ia ikut senang cerita tersebut bisa mendapatkan piala Oscar, meskipun film Minsara Kanna hanya sebagai inspirasinya.

Baca juga:

Setelah Menang Golden Globe, Serial TV ‘Parasite’ Bakal Digarap

Namun, sang sutradara tetap menyerahkan masalah ini kepada produser film. "Meskipun begitu, urusan pengajuan kasus ke pengadilan adalah kehendak dari produser," ungkap Ravikumar.

Minsara Kanna merupakan film produksi India, menceritakan tentang seorang pemuda yang jatuh cinta terhadap perempuan dari keluarga kaya. Ia memalsukan identitasnya agar bisa bekerja sebagai bodyguard di keluarga sang perempuan. Bahkan, pemuda itu mengajak juga keluarganya untuk berpura-pura sebagai pembantu dan koki.

Perusahaan produksi film Parasite, CJ Entertainment mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui adanya penuduhan plagiarisme dari film India. Belum ada informasi lebih lanjut terkait isu yang beredar. (shn)

Baca juga:

Alasan 'Parasite' Layak Dapatkan Penghargaan di Golden Globe 2020



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH