Film 'Nightmare Alley' Hadirkan Kisah Noir Klasik dengan Nuansa Baru

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 20 Januari 2022
Film 'Nightmare Alley' Hadirkan Kisah Noir Klasik dengan Nuansa Baru
Nightmare Alley suguhkan kisah yang menarik (Foto: istimewa)

PADA pertengahan bulan Januari 2022 ini, Searchlight Picture mempersembahkan Nightmare Alley, film noir terbaru yang disutradarai oleh Guillermo del Toro, dengan skenario oleh Guillermo del Toro & Kim Morgan, yang diadaptasi dari novel William Lindsay Gresham pada tahun 1946.

Film Nightmare Alley sebelumnya sudah dirilis dengan judul yang sama di tahun 1947. Tapi, Guillermo del Toro dianggap berhasil membawakan versi terbaru dari film ini dengan sentuhan segar.

Baca Juga:

Film Pixar 'Turning Red' Segera Debut di Disney+

Film ini menghadirkan kisah noir klasik dengan nuansa baru, hingga menarik perhatian masyarakat, dan mendapat reaksi dari para pencinta film serta media internasional.

Film Nightmare Alley hadirkan kisah noir klasik dengan nuansa baru (Foto: istimewa)

Tak hanya itu, Nightmare Alley pun mendapat sejumlah nominasi pada berbagai ajang penghargaan bergengsi. Seperti ritics Choice Awards 2022 untuk kategori Best Picture, Best Director, dan 6 kategori lainnya.

Film ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas. seperti Bradley Cooper dan Cate Blanchett. Lewat Nightmare Alley, Del Toro membawa para penonton ke sebuah karnaval di tahun 1930-an untuk mengikuti kisah Stanton Carlisle (Bradley Cooper), seorang pria yang memiliki masa lalu kelam, dan ingin mengubah hidupnya.

Stanton mempelajari cara hidup di karnaval dengan sangat cepat, berkat bantuan dari seorang peramal Zeena (Toni Collette) dan suaminya Pete (David Strathairn) yang merupakan mantan mentalis.

Dari mereka, dia berubah menjadi seorang penipu serta manipulator ulung yang serakah. Stanton juga menyadari keuntungan yang bisa didapatkan dari merebut harta para kaum elit New York pada tahun 1940-an.

Dengan berbekal pengetahuannya, dia mulai merencanakan penipuan terhadap pengusaha kaya namun berbahaya, bersama seorang psikiater misterius, Dr. Lilith Ritter, yang mungkin akan membawa akhir dari kejahatannya.

Perihal rencana untuk menggarap kembali film yang cukup ikonik di tahun 1947 dengan judul yang sama, dimulai sejak 30 tahun silam, tepatnya pada tahun 1992 saat del Toro menggarap film panjang pertamanya, Cronos.

Mengingat kisahnya yang sangat ikonik, Del Toro tertarik untuk membuat versi lain dari Nightmare Alley. Del Toro pun mengungkapkan, bahwa dia ingin mengembangkan gaya penyutradaraan ke arah yang baru lewat film tersebut.


"Ini adalah film pertama saya yang bercerita tentang dunia penuh keajaiban, namun tidak berlatar di dunia fantasi. Film ini menggunakan latar yang realistis," jelas del Toro.

Baca Juga:

Film 'Tick, Tick… BOOM!' Curi Perhatian di Golden Globe Awards 2022

Film Nightmare Alley ini akan membawa penonton masuk ke dalam kisah yang penuh dengan kejahatan, keserakahan, pengkhianatan, kesuksesan, serta juga sisi kelam dari kapitalisme di Amerika.

“Saya ingin membawakan sebuah cerita klasik dengan gaya yang hidup dan kontemporer. Saya ingin para penonton merasa bahwa mereka menyaksikan sebuah cerita yang dekat dengan dunia kita," tambahnya.

Film Nightmare Alley sudah tayang di bioskop Indonesia pada tanggal 19 Januari 2022 (Foto: istimewa)

Film Nightmare Alley disutradarai oleh Guillermo del Toro, dengan skenario oleh Guillermo del Toro & Kim Morgan. Film ini diadaptasi dari novel William Indsay Gresham.

Adapun sederet nama besar yang membintangi Nightmare Alley, antara lain yaitu radley Cooper, Cate Blanchett, Toni Collette, Willem Dafoe, Richard Jenkins, Rooney Mara, Ron Perlman, Mary Steenburgen, David Strathairn.

Sementara itu, untuk jajaran tim kreatif yakni produser Guillermo del Toro p.g.a, J. Miles Dale p.g.a. dan Bradley Cooper p.g.a. Kemudian ada pula direktur fotografi Dan Laustsen, desainer produksi Tamara Deverell, desainer kostum Luis Sequeira, editor Cameron McLaughlin, dan komposer Nathan Johnson

Sedikit informasi, Nightmare Alley telah hadir di bioskop-bioskop Indonesia pada tanggal 19 Januari 2022. Untuk menonton di bioskop, para penonton disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. (Ryn)

Baca Juga:

Film Horor Masih Punya Tempat di Hati Masyarakat Indonesia

#Film Baru
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan