'Next Goal Wins' Ceritakan Kembali Kekalahan Brutal Tim American Samoa di Piala Dunia 2001

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Rabu, 06 Desember 2023
'Next Goal Wins' Ceritakan Kembali Kekalahan Brutal Tim American Samoa di Piala Dunia 2001
Next Goal Wins akan tayang 6 Desember 2023. (Foto: Disney Indonesia)

PARA pencinta sepak bola mungkin masih ingat dengan kejadian di Piala Dunia 2001, ketika tim sepak bola American Samoa mengalami kekalahan brutal 31-0 atas Australia. Kejadian ini pun diadaptasi ke sebuah film berjudul Next Goal Win oleh sutradara Taika Waititi.

Pada 11 April 2001, tim Australia memecahkan rekor kemenangan terbesar dalam sejarah sepak bola dengan skor 31-0 saat melawan tim American Samoa di ajang Piala Dunia. Disebut sebagai yang terbesar dalam sejarah sepak bola, kekalahan tersebut menghantui tim American Samoa selama bertahun-tahun.

Tim tersebut menempati peringkat terburuk dalam daftar Piala Dunia FIFA hingga November 2011. Dibalut dengan nuansa komedi, kisah inspiratif tim American Samoa untuk bangkit dari kekalahan dan menggapai impian mereka dikemas dalam sebuah film terbaru produksi Searchlight Pictures bersama TSG Entertainment Next Goal Wins.

Baca juga:

Ini yang Membuat Film Horor Menjadi Seperti Nyata dan Menyeramkan


Next Goal Wins sebenarnya sudah diperkenalkan lewat sebuah film dokumenter di 2014. Namun, kisah ikonik ini akan kembali dihadirkan dengan sentuhan baru.

"Ketika kami membuat film yang diadaptasi dari sebuah dokumenter, kami harus memiliki kebebasan untuk mengganti berbagai hal. Ini merupakan kesempatan untuk menggali lebih dalam para karakter-karakter tersebut dan memahami mereka dengan lebih baik, membuatnya lebih dekat dengan penonton,” jelas Taika Waititi dalam siaran pers yang diterima Merah Putih, Senin (4/12).

Baca juga:

Yuk, Belajar Minta Maaf dari 5 Film Indonesia ini

Film 'Next Goal Wins' Ungkap Kekalahan Tim Samoa Amerika di Piala Dunia 2001
Disutradarai oleh Taika Waititi. (Foto: Disney Indonesia)

Ian Morris sebagai salah satu penulis juga menceritakan pendekatannya dalam menggarap film ini.

“Intensi kami adalah mencoba dan membuat film ini selucu mungkin, sambil menjaga nuansa dan kehangatan yang memang sudah ada dalam kisah ini sejak awal. Kami ingin membuat versi yang terasa dekat dengan kisah aslinya, serta dekat dengan peristiwa nyata,” jelas Morris.

Dengan berbagai sentuhan baru yang dihadirkan dalam film ini, pesan yang ingin dibawa tetap sama, yaitu tentang hal yang terpenting dalam sebuah pertandingan bukan hanya yang terjadi di lapangan, melainkan hubungan dan pelajaran yang didapat dari luar lapangan.

Film ini akan dibintangi oleh Michael Fassbender, Oscar Kightley, Kaimana, David Fane, Rachel House, Beulah Koale, Uli Latukefu, Chris Alosio, Semu Filipo, Ioane Goodhue, Lehi Falepapalangi, Hio Pelesasa, dengan Will Arnett, dan Elisabeth Moss. Next Goal Wins tayang di bioskop mulai 6 Desember 2023. (and)

Baca juga:

Tayang di Tengah Pandemi, 'Story of Kale' Berhasil Menarik Banyak Penonton

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan