Film

Film Live-Action 'Gundam' akan Tayang di Netflix

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 13 April 2021
Film Live-Action 'Gundam' akan Tayang di Netflix
Live-action akan tayang di Netflix. (redd.it)

DARI kera raksasa hingga robot raksasa, pembuat film Jordan Vogt-Roberts (Kong: Skull Island) akan menyutradarai dan memproduksi adaptasi live-action dari serial anime yang sangat populer Gundam. Proyek itu dikerjakan untuk Legendary dan Netflix. Demikian diumumkan perusahaan penyedia layanan streaming itu pada Senin (12/4).

Penulis buku komik terkenal Brian K Vaughan (Y: The Last Man) sedang menulis skenario dan akan menjadi produser eksekutif. Cale Boyter dari Legendary akan mengawasi proyek tersebut bersama dengan Sunrise, studio animasi Jepang di balik waralaba Gundam. Legendary akan mendistribusikan film itu di bioskop-bioskop Tiongkok.

BACA JUGA:

Gundam, Nyata di Yokohama

Belum ada keterangan lebih lanjut tentang cerita apa yang akan diangkat ke film, tetapi pasti ada banyak materi untuk dipilih. Pertama kali diluncurkan pada 1979 sebagai serial TV dari Yoshiyuki Tomino, Mobile Suit Gundam awalnya berjuang untuk mendapatkan penonton.

Serial ini semakin populer hingga 1980-an karena perkembangan adaptasi yang luas di seluruh film animasi, novel, manga, mainan, model robot, dan video game. Industri model robot Gundam yang dikenal sebagai Gunpla menguasai 90% pasar model plastik karakter jepang.

gundam
Sutradara Jordan Vogt-Roberts, dari kera raksasa ke robot raksasa. (variety.com)

Akademisi di Jepang menganggap serial tersebut menginspirasi. Pada 2008, Akademi virtual Gundam direncanakan sebagai insitusi akademi pertama yang didasarkan pada serial animasi TV.

Serial aslinya berlatar jauh di masa depan yang dikenal sebagai Abad Universal, sebagai koloni manusia di ruang angkasa yang memperjuangkan kemerdekaan dari Bumi. Pertempuran tersebut sebagian besar dilakukan melalui robot raksasa yang disebut Mobile Suits, dan membantu mempopulerkan genre anime mecha yang lebih luas.

gundam
Perkembangan adaptasi Gundam hingga mainan, model dan video game membuatnya makin populer. (linkdenoir.com)

Vogt-Roberts memulai kariernya sebagai sutradara dalam film indie 2013 "The Kings of Summer". Karier sutradaranya menanjak di film "Kong: Skull Island" untuk Warner Bros. dan Legendary. Film ini meraup $168 juta USD atau Rp2.457.739.200.000 di dalam negeri dan $566.7 juta USD atau Rp8.290.480.980.000 di seluruh dunia.

Film maker ini juga mengembangkan adaptasi dari video game franchise populer "Metal Gear Solid" untuk Sony Pictures, dengan Oscar Isaac sebagai bintangnya, tetapi sepertinya pilihan "Gundam" untuk mulai syuting terlebih dahulu merupakan keputusan yang tepat.(aru)

#Film #Gundam
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan