Film
Film Lara Ati Segera Tayang di Bioskop Film dengan tagline 'Urip Lan Karep Ora Sedalan' atau 'Hidup dan Keinginan Tidak Sejalan' itu dibintangi oleh banyak bintang muda. (Foto: Merahputih.com/Albi)

BASE Entertainment dan Bayu Skak mempersembahkan sebuah film terbaru berjudul Lara Ati. Film tersebut menjadi debut Bayu Skak sebagai seorang sutradara penuh.

Lara Ati merupakan film keempat dan kreator sekaligus filmmaker asal Malang tersebut. Film ini membawa unsur lokal dan gaya tutur dalam Bahasa Jawa yang sudah menjadi keunikan dan kekuatan dari karya-karya Bayu Skak.

Semangat Bayu untuk mengangkat budaya lokal itu juga sejalan dengan visi BASE Entertainment yang percaya bahwa pendekatan hyper-local serta keberagaman sangat penting untuk kemajuan ferfilman Indonesia.

Baca Juga:

Joko Anwar: Film Indonesia Bisa Mendunia, Asal...

Semangat Bayu untuk mengangkat budaya lokal di film Lara Ati sejalan dengan visi BASE Entertainment (Foto: merahputih.com/albi)

Produser sekaligus CEO dari BASE Entertainment, Shanty Harmayn, menuturkan bahwa BASE sangat tertarik dengan storytelling Bayu, khususnya semangatnya untuk mengangkat budaya lokal dari tempat dia berasal.

"Saya harap karya-karya yang sarat semangat Jowo Pride seperti LokaDrama dan film Lara Ati ini bisa memicu kreator dari daerah lain untuk ikut melakukan hal sama," ujar Shanty dalam keterangan resminya.

Menariknya, selain mengambil latar kota Surabaya dan dinarasikan dalam bahasa Jawa, film ini melibatkan kru dan pemain yang sebagian besar berasal dari Jawa Timur. Di dalamnya termasuk pula para pemain ludruk legendaris seperti Cak Kartolo, Cak Sapari, Ning Tini, Eko Londo, dan Cak Silo.

Musik menjadi bagian penting dan memberi keunikan dalam pengalaman menonton film Lara Ati. Original Soundtrack film ini juga menggunakan lagu-lagu berbahasa Jawa. Ada tiga lagu orisinal yang ditulis oleh Bayu Skak : "Iki Uripku", "Jebule Ngapusi", dan "Swara Ati".

Selain itu, ada pula lagu "Musuh Wong Sugih" yang ditulis dan dinyanyikan oleh Alvan Septy (Hok) dan Kartonyono Medot Janji dari penyanyi populer Denny Caknan. Lagu-lagu tersebut tentunya akan memberikan pengalaman menonton yang sangat menyenangkan.

Baca juga:

Pentingnya Peran Film Sebagai Media Promosi Pariwisata

Melalui film Lara Ati, Bayu mengangkat kisah dan pergulatan yang dialami banyak orang ketika memasuki fase dewasa atau seringkali disebut Quarter Life Crisis.

"Lara Ati artinya sakit hati. Semua orang pasti pernah merasakan momen sakit hati dalamhidupnya, mulai dari tuntutan orang tua, tekanan untuk hidup yang mapan, tekanan pekerjaan, besar gaji, hingga keinginan pasangan," jelas Bayu Skak.

Bayu menambahkan, orang yang pernah mengalami kisah yang sama dengan film tersebut pastinya akan sangat relate dengan tema film tersebut.

Film dengan tagline 'Urip Lan Karep Ora Sedalan' atau 'Hidup dan Keinginan Tidak Sejalan' itu dibintangi oleh banyak bintang muda. Antara lain Bayu Skak, Tatjana Saphira, Sahila Hisyam, Dono Pradana, Keisya Levronka, Ciccio Manassero, Benidictus Siregar, dan Indra Pramujito. Film Lara Ati akan mulai tayang di bioskop mulai 15 September 2022 mendatang. (Ryn)

Baca juga:

Perankan Karakter Ibu di Film 'Broker', IU Berusaha Keras

Kanal