Film
Film Indonesia dapat Menjadi Aset Diplomasi Budaya Kemendikbudristek berharap film-film Indonesia tidak hanya menjadi hiburan semata, tapi bisa menjadi aset diplomasi budaya. (Foto: Pixabay/janbaby)

DIREKTORAT Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), berharap film-film Indonesia tidak hanya menjadi hiburan semata, tapi bisa menjadi aset diplomasi budaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Fitra Arda, pada malam pembacaan nominasi Festival Film Indonesia 2021.

Baca Juga:

TikTok Hadirkan Diskusi Soal Perkembangan Film di Indonesia

Film Indonesia diharpkan jadi aset diploasi antarbangsa (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

"Kita harap film Indonesia tidak saja sebagai penguat rasa kebangsaan, tetapi ajang diplomasi di kancah antarbangsa," tutur Fitra Arda, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Selain itu, Fitra pun mengucapkan selamat kepada para peraih nominasi di ajang Penghargaan Piala Citra FFI 2021, yang dibacakan oleh empat duta FFI 2021. Yakni Jefri Nichol, Tissa Biani, Angga Yunanda dan Prilly Latuconsina.

"Kami ucapkan selamat kepada yang terpilih dalam nominasi, semoga berjaya nanti dan meraih piala Citra 2021," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru, mengajak masyarakat untuk terus mendukung film-film buatan anak bangsa. Hal itu agar film Indonesia tetap jaya dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Sementara itu, pada keterangan resminya, Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid pun turut mengucapkan selamat, pada karya-karya yang sudah lolos seleksi.

Baca Juga:

Festival Film Indonesia Tetap Berikan yang Terbaik di Masa Pandemi

ffi
FFI menjadi ajang penghargaan tertinggi bagi jagat perfilman Indonesia (Foto: [email protected])

Sedikit informasi, penyelenggaraan FFI merupakan langkah pemerintah dengan insan perfilman, untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa, kearifan lokal serta pembangunan bangsa lewat film.

Tak hanya itu, FFI menjadi ajang penghargaan tertinggi bagi jagat perfilman Indonesia, yang sudah digelar sejak tahun 1955. FFi memiliki dampak sebagai tolok ukur prestasi, apresiasi hingga promosi film Indonesia.

Pada tahun 2021 ini, FFI kedua kalinya digelar di tengah pandemi COVID-19. Meski begitu, industri film Indonesia pantang menyerah dan terus berjuang untuk melahirkan karya-karya terbaik meski dalam situasi yang terbatas.

Kemudian, lewat FFI, juga merupakan ajang perkenalan dan promosi film-film Indonesia ke Dunia, bahkan tidak menutup kemungkinan membuat para studio film besar tertarik dengan film Indonesia. Karena itu, sangat penting untuk terus menggelar Festival Film Indonesia.

Baca Juga:

Syuting Film 'Sepeda Presiden', Ariel Tatum Rela Lakukan Ini

penyelenggaraan FFI merupakan langkah pemerintah dengan insan perfilman, untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa, kearifan lokal serta pembangunan bangsa lewat film (Foto: Pixabay/joshua_wilson)

Mengenai FFI, Hilmar menambahkan, karena hal tersebutlah tema FFI tahun ini merupakan refleksi dari semangat insan film Indonesia. Yakni dengan mengusung tema Sejarah Film dan Media Baru dengan subtema Beralih Masa, Bertukar Rasa Film Indonesia.

Tema tersebut diharapkan bisa menjadi sebuah landasan untuk mengobarkan semangat dan apresiasi bagi perfilman Indonesia, dalam menghasilkan karya-karya baru dengan teknologi.

Kemendikbudristek sendiri mendukung penuh pelaksanaan FFI 2021, dengan memberikan penghargaan pada sejumlah insan film atas karya terbaik mereka pada setiap kategori.

Sehingga, bisa menguatkan industri film Indonesia, dan menjadi ajang promosi film Indonesia di kancah Internasional. Hilmar pun menambahkan, FFI merupakan langkah dalam memajukan kebudayaan melalui film.

Nantinya, malam anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia akan digelar pada tanggal 10 November 2021, yang bertepatan dengan Hari Pahlawan. Kemudian akan disiarkan langsung secara online lewat akun YouTube official Festival Film Indonesia, Budaya Saya dan Kemendikbudristek RI. (Ryn)

Baca Juga:

Film 'Paranoia' Segera Tayang di Bioskop

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kenali Tips Memakai Smart Key System yang Baik dan Benar
Fun
Kenali Tips Memakai Smart Key System yang Baik dan Benar

Smart Key System (SKS) memiliki dua fungsi utama, pertama sebagai Answer Back System untuk mempermudah pengendara dalam mencari posisi motor di parkiran dalam radius 20 meter

AOV Star League 2022 Resmi Digelar, 6 Tim Hadirkan Strategi Terbaik
Fun
AOV Star League 2022 Resmi Digelar, 6 Tim Hadirkan Strategi Terbaik

AOV Star League 2022 memiliki total hadiah Rp 365 juta.

Nowela Tebarkan Semangat Perjuangan di Lagu 'Runnin'
ShowBiz
Nowela Tebarkan Semangat Perjuangan di Lagu 'Runnin'

Ia berkolaborasi dengan Epo D'fenomeno, seorang rapper asal Papua.

Pusing Setelah Workout? Awas, Bisa Jadi ini Penyebabnya
Fun
Pusing Setelah Workout? Awas, Bisa Jadi ini Penyebabnya

Apa saja sih penyebab pusing setelah selesai olahraga?

Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal Pada Hubungan Jarak Jauh
Hiburan & Gaya Hidup
Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal Pada Hubungan Jarak Jauh

Hubungan jarak jauh penuh tantangan dan cobaan.

Dian Sastro Ajak Perempuan Lebih Percaya Diri Lewat Lagu 'Rambutku Mahkotaku'
Fun
Dian Sastro Ajak Perempuan Lebih Percaya Diri Lewat Lagu 'Rambutku Mahkotaku'

Kampanye ini juga melibatkan komposer musik Eka Gustiwana.

Riot Games Membuka Kantor Cabang Pertamanya di Indonesia
Fun
Riot Games Membuka Kantor Cabang Pertamanya di Indonesia

Riot Games juga akan membuka kantornya di Indonesia untuk layanan dan komunitas di tanah air ini.

Sekuel The Legend of Zelda: Breath of the Wild Ditunda, Kreator Minta Maaf
Fun
Honda Civic Type R Siap Debut pada Juli Mendatang
Hiburan & Gaya Hidup
Honda Civic Type R Siap Debut pada Juli Mendatang

Honda Civic Type R 2023 siap melakukan debutnya pada Juli 2022 mendatang.

Masa Lalu Orang Tua Pengaruhi Pola Asuh Anak
Fun
Masa Lalu Orang Tua Pengaruhi Pola Asuh Anak

Karakter anak dipengaruhi bagaimana cara orang tua mengasuhnya.