Film

Film Horor ini Sukses Bikin Stephen King Ketakutan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 02 Juni 2021
Film Horor ini Sukses Bikin Stephen King Ketakutan
Ternyata King of Horror takut nonton film ini. (Foto: Indie Wire)

SEJATINYA seorang penulis buku horor seharusnya tidak akan takut lagi dengan cerita menyeramkan, bukan? Sayangnya bukan itu skenarionya. Ternyata Stephen King yang dijuluki sebagai 'King of Horror' tetap merasakan ketakutan mencekam yang membuatnya sampai-sampai tidak bisa menyelesaikan sebuah film. Kira-kira film apakah itu?

Dalam episode Eli Roth's History of Horror, King mengungkapkan bahwa ada satu film yang membuatnya ketakutan sampai-sampai ia bahkan tidak bisa menontonnya hingga selesai. Film tesebut adalah The Blair Witch Project. Penulis berusia 73 tahun itu pertama kali menontonnya pada musim panas 1999 di rumah sakit. Saat itu ia dirawat setelah ditabrak minivan ketika berjalan di pinggir jalan.

Baca juga:

Sederet Film Horor Siap Bawa Kengerian di 2021

Film Horor ini Sukses Bikin Stephen King Ketakutan
Ternyata Stephen King tidak menonton The Blair Witch Project hingga selesai karena ketakutan. (Foto: Screen Rant)

"Pertama kali saya menonton (The Blair Witch Project), saya berada di rumah sakit dan saya terkena doping. Anak saya membawa kaset VHS dan dia berkata "kamu harus menonton ini. Di tengah jalan saya berkata "matikan itu terlalu aneh," tutur King. Bayangkan, ternyata ada sebuah film yang mampu membuat sang raja horor ketakutan.

Memang tidak mengherankan. Film garapan Daniel Myrick dan Eduardo Sánchez itu dijuluki sebagai salah satu film horor terbaik tahun 1990an. Ceritanya berpusat pada tiga pelajar pembuat film di Black Hills of Burkittsville, Maryland.

Film tersebut dibuat dengan gaya video footage peninggalan dari para siswa untuk mengungkapkan legenda Blair Witch. Jadi memang terasa lebih nyata dan membuat bulu kuduk berdiri.

Baca juga:

‘Paranormal Activity’ Film Horor Paling Menguntungkan

Ketika ditayangkan pertama kali di Sundance Film Festival, kampanye promosinya adalah dengan menyebutkan bahwa dokumenter tersebut nyata adanya. Bahkan sampai menyertakan laporan polisi tipuan dan wawancara untuk mencari para siswa yang hilang. Tak hanya gayanya yang unik, promosinya pun sangat menjual hingga memberi ketakutan pada kritikus dan penonton.

Usaha tidak pernah mengkhianati hasil. The Blair Witch Project berhasil mengantongi pendapatan kotor sebesar USD 250 juta (Rp 3,5 triliun) di seluruh dunia hanya dengan bujet USD 500 ribu (Rp 7,1 miliar) saja. Membuatnya jadi salah satu film dengan teknik pembuatan film rekaman terbaik yang akhirnya diikuti oleh sejumlah judul serupa, seperti Paranormal Activity dan Cloverfield.

Daftar panjang prestasi film itu pun bertambah setelah berhasil menakuti Stephen King, sang Raja Horor itu sendiri. Selama bertahun-tahun, puluhan novel buatan King sukses membuat pembaca ketakutan. Sekarang gantian sang penulis yang merasakannya. (sam)

Baca juga:

Berani Nonton? Ini 3 FIlm Horor Terbaik 2020

#Film Horor #Film #Film Horror #Kisah Horor
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan