Nonton Film Horor Belum Tentu Mampu Bakar Kalori Bbukan menonton film horor yang menyebabkan kalori terbakar, melainkan aktivitas bergerak akibat menonton film horor. (Foto: Pexels/Pixabay)

LAMPU meredup. Layar dibuka. Film dimulai. Suara binatang malam mengalun. Seseorang berlari tergopoh-gopoh di hutan di kegelapan malam. Dia terus berlari. Hingga akhirnya hampir terperosok jurang. Buntu, dia kembali masuk hutan dan bertemu sesosok makhluk yang mengejarnya. Bertampang seram dan membawa senjata tajam. Layar berubah merah.

Adegan-adegan seperti ini adalah tipikal film horor. Jumpscare sering bikin tegang ditambah dengan audio bioskop yang bikin jantung berdebar lebih cepat. Namun, apakah jantung yang berdebar lebih cepat saat menonton tayangan menyeramkan bisa membuat kalori yang terbakar lebih banyak?

Dokter jantung dr. Azlan Sain, Sp.JP mengatakan anggapan itu tidak tepat.

"Pernah ada beberapa studi yang menyimpulkan demikian, namun tidak bisa dijadikan patokan karena studi tersebut menggunakan jumlah sampel yang sangat sedikit," kata Azlan, seperti dikutip Antara, Kamis (6/10).

Dokter yang buka praktik di Klinik Jantung Hasna Medika Indramayu itu mengatakan anggapan itu mencuat karena ada pendapat bahwa terjadi pelepasan adrenalin, akibat rasa takut, yang bekerja cepat akibat menyaksikan film horor.

Baca juga:

Trailer 'Perempuan Bergaun Merah' Rilis, Tatjana Saphira Debut Film Horor

film horor kalori
Sebelumnya, sejumlah penelitian menyebut bahwa menonton film horor dapat membantumu membakar kalori sebesar yang terdapat di sebatang cokelat kecil. (Foto: Unsplash/Lan Gao)

Adrenalin dapat menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolisme basal dan akhirnya membakar tingkat kalori yang lebih tinggi.

"Namun, karena jumlah sampel yang sangat sedikit dan studinya adalah studi dengan populasi yang sangat kecil, maka hasil dari studi ini pun tidak bisa dijadikan patokan," jelas dokter dari FKUI ini.

Azlan mengatakan bila ingin sehat dan terlindung dari risiko penyakit jantung, sebaiknya jaga diet seimbang, berpuasa serta olahraga secara teratur.

Olahraga aerobik yang biasanya dilakukan dalam intensitas rendah dalam durasi lama bisa dilakukan untuk mencegah serangan jantung.

Olahraga aerobik dilakukan dengan gerakan berulang-ulang, intensitas ringan, dan waktu melakukannya panjang atau berkelanjutan. Selain berjalan cepat, bersepeda dan berenang, olahraga yang bisa dilakukan meliputi lari santai atau jogging hingga lari dalam intensitas sedang.

Olahraga aerobik bisa dilakukan secara rutin tiga hingga lima kali setiap pekan. Durasi olahraga setiap pekan yang dianjurkan adalah 150 menit, bila olahraga dijadwalkan lima hari dalam sepekan, maka durasi per hari adalah 30 menit.

Sebelumnya, sejumlah penelitian menyebut bahwa menonton film horor dapat membantumu membakar kalori sebesar yang terdapat di sebatang cokelat kecil. Demikian studi para peneliti di University of Westminster pada 2012.

Baca juga:

5 Film Horor Indonesia Siap Menemani Halloween 2022

film horor kalori
Berapa banyak kalorimu yang terbakar tergantung pada beberapa faktor. (Foto: Pexels/pixabay)

Mereka yang menonton film horor 90 menit cenderung membakar hingga 113 kalori. Angka yang sama dengan setengah jam berjalan kaki. Para peneliti menyebutkan bahwa beberapa film lebih efektif daripada yang lain.

Studi tersebut menemukan bahwa film dengan momen jumpscare yang teratur kemungkinan besar membantu membakar kalori karena meningkatkan detak jantung secara dramatis.

"Masing-masing dari 10 film yang diuji membuat denyut nadi berpacu, memicu peningkatan denyut jantung dari studi kasus," kata Dr Richard Mackenzie, dosen senior dan spesialis metabolisme sel dan fisiologi di universitas tersebut seperti dikutip oleh Guardian.

Sementara itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa bukan menonton film horor yang menyebabkan kalori terbakar, melainkan aktivitas bergerak akibat menonton film horor.

"Mereka bangun, mereka berteriak dan saya pikir itulah yang menyebabkan hilangnya kalori," kata Dr. Vasant Patel, Vice President of Carolina Cardiology Associates dan Chairman pada department of Medicine Piedmont Medical Center, dikutip oleh wcnc.com.

David Geier, seorang pakar pengobatan dan olahraga, setuju bahwa aktivitas bergerak karena menonton film horor dapat memiliki manfaat serupa pergi ke gym.

"Menonton film seram tampaknya mirip dengan olahraga. Detak jantung lebih baik, pernapasan lebih baik, pertukaran oksigen dan karbon dioksida pun demikian," kata Geier. "

Meski keduanya bersepakat aktivitas gerak selama menonton film horor dapat membakar kalori, berapa banyak kalorimu yang terbakar tergantung pada beberapa faktor.

"Orang-orang tertentu yang memiliki masalah kecemasan atau kondisi medis lainnya, film-film semacam ini tidak memiliki reaksi yang baik terhadap mereka, jadi saya pikir itu tergantung pada penontonnya," kata Patel.

Karena itu, Patel menyarankanmu untuk tetap berolahraga. Jika tidak suka film seram, tetapi tetap menginginkan manfaatnya, Patel menyarankan berjalan kaki sebagai gantinya. (dru)

Baca juga:

Debut Film Horor ‘Barbarian’ Berhasil Duduki Puncak Box Office AS

 
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Konser K-Pop
Fun
Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Konser K-Pop

Konser K-Pop ini mempunyai keunikan tersendiri dibanding konser lainnya.

Cinta Laura Rilis Single Suka Kamu
ShowBiz
Cinta Laura Rilis Single Suka Kamu

Cinta Laura kembali bekerjasama dengan Eka Gustiwana.

Merawat Penampilan Mobil di Bengkel Body & Paint
Fun
Merawat Penampilan Mobil di Bengkel Body & Paint

Penampilan mobil harus dirawat agar tampil prima.

Uniqlo Rilis 3 Desain Baru untuk Peace for All
Fashion
Uniqlo Rilis 3 Desain Baru untuk Peace for All

Menghadirkan berbagai grafik istimewa dari sejumlah kolaborator yang memiliki hubungan erat dengan Uniqlo seperti Peanuts dan Lisa Larson.

Melepas Kerinduan Main Hujan Saat Kecil Usai Pandemi Melandai
Hiburan & Gaya Hidup
Melepas Kerinduan Main Hujan Saat Kecil Usai Pandemi Melandai

Enggak cuma seru-seruan, main hujan punya banyak manfaat

Wajib Punya, Royal Enfield Edisi Koleksi Skala 1:3
Fun
Wajib Punya, Royal Enfield Edisi Koleksi Skala 1:3

Diciptakan dengan pekerjaan tangan murni.

Minum 2 Cangkir Kopi Sehari dapat Mengurangi Risiko Kerusakan Ginjal
Fun
Minum 2 Cangkir Kopi Sehari dapat Mengurangi Risiko Kerusakan Ginjal

2-3 gelas per hari adalah yang paling disarankan.

Penjelasan Lengkap TWC Borobudur Tentang Kenaikan Harga Tiket
Hiburan & Gaya Hidup
Penjelasan Lengkap TWC Borobudur Tentang Kenaikan Harga Tiket

Sementara itu, harga tiket masuk kawasan candi masih tetap Rp 50 ribu per orang untuk wisatawan lokal.

Semburat Warna Konser Sesi Pertama 'Sore Sudah Cantik' 36 Tahun Kahitna
Hiburan & Gaya Hidup
Semburat Warna Konser Sesi Pertama 'Sore Sudah Cantik' 36 Tahun Kahitna

36th Anniversary KAHITNA Special Concert pertunjukkan pertama bertema "Sore Sudah Cantik"

Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone Beradu Akting di Film 'Pathaan'
ShowBiz
Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone Beradu Akting di Film 'Pathaan'

Menandai kembalinya SRK setelah absen selama empat tahun.