Film-Film Hollywood Ini Terkena Dampak Isu Corona Film Mulan rasakan efek dari isu corona (Sumber: Walt Disney Studios)

COVID-19 atau yang dikenal dengan virus Corona masih membayangi masyarakat global. Tak hanya mengancam kesehatan, virus yang penyebarannya dimulai dari Wuhan, Tiongkok ini juga mengancam industri kreatif. Bahkan industri kreatif raksasa sekaliber Hollywood pun tak luput terkena dampak virus Corona.

Mulai dari jajaran eksekutif, produser, sutradara, hingga aktor secara serentak mendapat ancaman serius virus ini. Semakin banyak yang terjangkit virus Corona, maka semakin takut pula masyarakat untuk keluar dari rumah. Sebisa mungkin mereka menghindari tempat umum termasuk bioskop. Itulah sebabnya penyakit ini juga memberi efek buruk bagi pergerakan industri perfilman.

Baca juga:

Virus Corona Runtuhkan Industri Hollywood

Sejumlah film Hollywood pun secara langsung terdampak oleh masalah pandemi ini. Beberapa bahkan harus rela menunda penayangannya agar kerugiannya tidak bertambah. Berikut enam film Hollywood yang merasakan dampak Corona:

1. No Time to Die - James Bond

James Bond
James Bond (Sumber: Indiewire)

Sebenarnya film James Bond No Time to Die dijadwalkan untuk rilis bulan depan. Namun para produser mengumumkan bahwa film itu akan diundur ke bulan November. Rencananya film tersebut akan dirilis di Inggris pada 12 November 2020 dan di Amerika pada 25 November 2020.

2. Mission: Impossible 7

Mission: Impossible 7
Mission: Impossible (Sumber: Paramount)

Kerugian yang dialami oleh Mission: Impossible 7 karena Corona cukup parah. Pada bulan Februari produksi film tersebut dihentikan saat sedang syuting di Italia. Seperti diketahui, Italia menjadi negara dengan jumlah pasien Corona terbanyak di Eropa, yakni sekitar 9000 orang terinfeksi. Padahal film ini diagendakan untuk rilis pada Juli 2021. Paramount sendiri belum mengumumkan perubahan jadwal penayangan.

3. Sonic the Hedgehog

Sonic the Hedgehog
Sonic The Hedgehog (Sumber: SEGA)

Sonic the Hedgehog memberi kejutan besar dengan pendapatan mencapai angka $295juta di seluruh dunia. Sayangnya, mereka belum bisa mendapat keuntungan tambahan dari negara dengan populasi terpadat, Tiongkok. Perilisan Sonic the Hedgehog di Tiongkok ditunda tanpa batas waktu. Penundaan tersebut dilakukan usai melihat 70.000 bioskop yang ditutup di negeri tirai bambu karena isu corona.

4. Bloodshot

Bloodshot
Bloodshot (Sumber: Sony)

Film superhero terbaru Sony, Bloodshot yang dibintangi oleh Vin Diesel menjadi hits di Amerika dan pasar global lainnya minggu ini. Namun, mereka tak bisa memperluas jangkauannya usai membatalkan tur promosi di Tiongkok. Seperti Sonic the Hedgehog yang harus ditunda karena wabah Corona, Bloodshot di Tiongkok pun ditunda untuk sementara.

Baca juga:

Virus Corona Juga Bisa Hidup di Ponsel, Yuk Bersihkan!

5. Mulan

Mulan
Mulan (Sumber: Indiwire)

Film Mulan versi live action ini sebenarnya layak menjadi film kebanggaan rakyat Tiongkok. Itu karena film besutan Disney ini mengangkat kisah perempuan Tiongkok yang harus berpura-pura menjadi laki-laki untuk menjadi prajurit perang menggantikan ayahnya yang sudah tua.

Tak hanya mengangkat potret perempuan dari negara asia, film ini juga mengangkat budaya Tiongkok. Sayangnya, pemutaran perdana film ini justru harus ditunda di negara asalnya mengingat situasi di Tiongkok yang belum menentu.

6. Peter Rabbit 2

Peter rabbit
Peter Rabbit 2 (Sumber: Variety)

Kisah fabel tentang kehidupan seorang kelinci ini juga harus mengalami penundaan penayangan. Sony mengatur ulang jadwal perilisan Peter Rabbit 2. Semula film ini akan ditayangkan di Eropa pada 27 Maret 2020 lalu diubah menjadi 7 Agustus 2020. Sementara penayangan di Amerika mulanya dijadwalkan pada 3 April 2020, namun ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. (avia)

Baca juga:

Rp65 Juta untuk Jadi Subjek Penelitian Virus Corona, Tertarik?

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH