Film Dengan Nominasi Oscar Terbanyak La La Land (Sumber: Ist)

Selama satu abad, ratusan film, aktor, aktris, produser, animator, production designer, dan lain-lain masuk dalam nominasi Oscar. Mereka diberi penghargaan atas kemampuan mereka dalam membuat film. Bagi insan perfilman, masuk dalam nominasi Oscar merupakan pencapaian dalam hidup.

Nominasi Oscar dalam suatu film juga menjadi indikasi bagi kualitas film tersebut. Film dengan nominasi terbanyak mendapat perhatian publik. Semakin banyak nominasi yang dimiliki membuat orang tertarik untuk menonton film tersebut. Berikut film dengan nominasi Oscar terbanyak dalam sejarah:

11. The Revenant ( 12 nominasi)

Film ini mengadaptasi novel berjudul sama karya Michael Punke. Mengisahkan tentang perjalanan Hugh Glass untuk balas dendam di awal abad ke-19. Film ini dibintanvi oleh Leonardo DiCaprio, Tom Hardy, Domhnall Gleeson dan Will Poulter. The Revenant berhasil menjadi Best Film Of The Year serta memenangkan Best Director dan Best Cinematography pada Academy Award ke-88 setelah mendapatkan 12 nomimasi termasuk Best Picture.

Film ini merupakan film yang paling berkesan bagi Leonardo DiCaprio. Pasalnya, berkat film ini ia dinobatkan sebagai Best Actor setelah menantikan award sekian tahun.

10. The King Speech (12 nominasi)

Film-film dengan tema abad pertengahan atau perang selalu mendapatkan tempat di hati penonton. Film dengan tema seperti ini juga selalu mendapat nominasi di Academy Award. Salah satunya adalah The King's Speech. The King's Speech dibintangi oleh Coli Firth, Geoffrey Rush dan Helena Bonham Carter. Mengisahkan tentang kisah nyata Pangeran Albert yanv kesulitan saat harus berpidato di muka umum. Ia jarus menjalankan terapi dengan terapis berbicara Australia, Lionel Logue. Sayangnya, sejarah di film ini inakurat.

Meski demikian? Film ini tetap memberi kesan mendalam bagi Academy Awars sehingga diganjar 12 nominasi di Academy Award ke-83.

Ke-12 nominasi tersebut terdiri dari Best Picture, Best Director, Best actor, Best Supporting Actor, dan Best Supporting Actress. Tak hanya mendapatkan 12 nominasi, film ini berhasil meraih empat kemenangan dalam Best Director, Best Actor, Best Original Screenplay.

9. Lincoln (12 nominasi)

Film sejarah lainnya yang mendapatkan begitu banyak nominasi adalah Lincoln. Lincoln diadaptasi dati novel berjudul Team of Rivals: The Political Genius of Abraham Lincoln. Sebuah biografi yang dibuat oleh Doris Kearns Goodwin. Film ini diperankan oleh Day-Lewis. Ia bukanlah aktor sembarangan. Day-Lewis merupakan aktor yang paling dihargai di industri perfilman Hollywood. Dirinya tak selalu mengambil peran dalam film. Namun saat ia memutuskan mengambil peran, ia akan memenangkan award, apapun peran yang dimainkan. Award tersebut juga ia raih melalui film Lincoln. Lincoln berhasil mendapatkan 12 nominasi dalam Academy Award ke-85 termasuk nominasi Best Picture dan Best Director. Dari ke-12 nominasi, Lincoln memenangkan nominasi Best Actor (oleh Day-Lewis) dan Best Production Design.

8. The Curious Case of Benjamin Button (13 nominasi)

Film fantasi ini diperankan oleh Brad Pitt. Mengisahkan tentang pria bernama Benjamin Button yang memiliki keanehan. Ia terlahir sebagai seorang kakek-kakek. Dirinya mengidap penyakit melawan penuaan. Semakin bertambah usia, dirinya justru bertambah muda. Selain Brad Pitt, film ini juga dibintangi oleh Cate Blanchett, Taraji P Henson, Jason Flemyng dan Tilda Swinton. Kisah Benjamin Button ini berhasil mendapatkan 13 nominasi pada Academy Award yang ke-81 dan berhasil menang di tiga award yakni Best Picture, Best Director, dan Best Actor.

7. Chicago (13 nominasi)

Film besutan Rob Marshall ini menceritakan tentang Chicago yang menjadi musical set untuk musik jazz. Chicago mengadaptasi musikal Broadway berjudul sama. Tak hanya menjadi sutradara, Marshall juga menjadi pengarah koreografi. Film ini dibintangi oleh Renée Zellweger, Catherine Zeta-Jones, dan Christine Baranski. Karyanya tersebut berhasil meraih 13 nominasi di Academy Award ke-75. Dari ke-13 nominasi, ia berhasil memenangkan enam penghargaan salah satunya Best Supporting Actress untuk Zeta-Jones.

6. The Lord of The Rings- Fellowship of The Ring (13 nominasi)

Film ini cukup fenomenal. Film yang berasal dari novel trilogi berjudul serupa ini berhasil menjadi box office beberapa tahun. Pendapatan film ini pun mencapai $3 miliar. Seri Fellowship of The Ring cukup memberi kesan mendalam baik dari para pemainnya, score led, hingga visual effect. Bagi film blockbuster terutama genre fantasi, meraih nominasi Oscar merupakan pencapaian luar biasa. Film ini bahkan berhasil menyapu bersih Oscar dengan memenangkan 11 Oscar termasuk Best Picture.

5. Shakespeare in Love (13 nominasi)

Sosok Shakespeare merupakan pujangga ikonik di masanya. Begitu banyak karyanya diangkat dalam film layar lebar. Sementara tak banyak yang mengangkat kisahnya. Film ini menceritakan tentang kisah cintanya ( Joseph Fiennes) dan biola de Lesseps (Gwyneth Paltrow). Shakespeare in Love meraih 13 nominasi di Academy Award ke-71 diantaranya Best Actress untuk Paltrow dan Dench untuk Best Supporting Actress.

4. Forrest Gump (13 nominasi)

Film Forrest Gump merupakan salah satu film yang memberi dampak luar biasa bagi Hollywood. Forrest Gump disutradarai oleh Robert Zemeckia dan dibintangi oleh Tom Hanks sebagai Gump, Robin Wright, dan Gary Sinise. Film ini mengisahkan seorang anak difabel bernama Forrest Gump ya menjadi sosok berpengaruh di abad ke-20. Academy Award ke-67 memberikan 13 nominasi untuk film ini dan diantaranya memenangkan enam nominasi seperti Best Picture, Best Director, dan Best Actor.

3. From Here to Eternity (13 nominasi)

Sepuluh tahun setelah penyerangan Pearl Harbour, James Jines membuat novel berjudul Here to Eternity. Novel tersebut mengisahkan tiga orang tentara yang berusaha untuk bertahan hidup. Fred Zinnemann membawa novel tersebut ke layar lebar film berjudul sama tersebut dibintangi oleh Burt Lancaster, Montgonery Clift dan Frank Sinatra sebagai tiga orang tentara. Sementara pemain lainya yakni Deborah kerr, Dinna reed, dan George Reeves. Film ini berhasil mendapatkan 13 nominasi diantaranya Best Picture dan Best Director. Sinatra dan Reed membawa piala sebagai Best Supporting Actor dan Best Supporting Actress.

2. Ttanic (14 nominasi)

Siapa tak mengenal film Titanic? Kisah tentang kapal mewah di masanya ini menjadi salah satu film fenomenal hingga saat ini. Film ini dibintangi oleh Leonardo diCaprio sebagai Jack Dawson dan Kate Winslet sebagai Rose DeWitt Bukater.

James Cameron, sutradara film Titanic hanya menghasilkan delapan film sepanjang 28 tahun karirnya. Namun seluruh film yang dihasilkannya selalu memberi dampak luas bagi dunia. Kisah cinta Rose dan Jack yang dramatis berhasil membuat film Titanic mendapatkan 14 nominasi. Dari 14 nominasi, film ini berhasil menyabet 11 piala diantaranya Best Director dan Best Picture.

1. La La Land (14 nominasi)

Film ini dibintangi oleh Emma Stone, Ryan Gosling dan John Legend. La La Land menceritakan tentang aktris musikal dan musisi jazz yang berusaha meraih kesuksesan sebagai seniman profesional. Mereka harus bisa bersikap profesional dan menjalani hubungan asmara dalam waktu bersamaan. Film ini meraih nominasi sebanyak 14 nominasi termasuk Best Picture dan Best Director. La la land memecahkan rekor dengan memenangkan nominasi terbanyak. (Avia)



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH