Film ‘Crypto’: Apakah Hanya Akan Menyebarkan FUD? Mata uang digital dalam film 'Crytp' memiliki dampak buruk. (Foto: Pexels/Jason Appleton)

PADA 11 Maret 2019 dirilis trailer dari film mengenai cryptocurrency berjudul Crypto, yang disutradarai oleh John Stalberg Jr. Rencananya Crypto akan dirilis pada tanggal 12 April 2019 yang akan datang. Film ini menggaet sejumlah aktor ternama termasuk Alexis Bledel, Luke Hemsworth, Beau Knapp dan Kurt Russell. Namun, akankah film Crypto akan menyebarkn Fear, Uncertainty, and Doubt (FUD)?

Film Crypto bercerita tentang seorang eksekutif Wall Street (Beau Knapp) yang mendapat tugas di Anti-Money Laundering (Anti-Pencucian Uang). Kemudian ia mengungkap konspirasi keuangan dunia yang mengarah ke komplotan Rusia penculik anggota keluarganya. Film ini tampaknya menggambarkan cryptocurrency dari segi negatifnya. Bahkan lebih fokus pada kemungkinan tindak kriminal menggunakan cryptocurrency. Padahal kemungkinan tindakan kriminal ini pun juga tetap ada pada penggunaan uang tunai.

Film ini mengangkat kisah tipikal cybercrime serta action Amerika yang sering kita jumpai. Bedanya di film ini kejahatan dilakukan menggunakan cryptocurrency. Hollywood masih saja menampilkan stereotipe kriminal mafia Rusia dan seorang protagonis yang menjadi pahlawan. Benar-benar tipikal film action Amerika.

Kalau dilihat dari laman IMDB tidak ada satu pun kru film ini yang merupakan ahli dalam hal Bitcoin atau cryptocurrency. Hanya ada satu orang, yaitu Chuck Girard yang mengawasi pembuatan naskah film ini yang sedikit terlibat dalam cryptocurrency. Itu pun hanya berupa tweet promosi giveaway berhadiah Bitcoin sebanyak 3 kali di twitternya pada tahun 2017.

cryptocurrency
Dalam film Crypto, cryptocurrency dianggap buruk. (Foto: Pixabay/WorldSpectrum)

Nampaknya film ini hanya akan menampilkan kesalahpahaman kepada masyarakat awam tentang bagaimana cara kerja teknologi cryptocurrency. Penggarapan film ini pun seperti hanya menambahkan cryptocurrency sebagai teknologi baru ke dalam kerangka standar film action. Dari posternya saja sudah terpampang jelas bahwa slogan film ini adalah “Fear is the ultimate currency” yang berarti ketakutan adalah mata uang yang paling berharga.

Investor crypto kemungkinan akan melihat rilis film Crypto ini sebagai hal yang baik dan buruk. Karena tidak diragukan lagi film ini akan membawa perhatian pada Bitcoin dan crypto lainnya seperti Ethereum dan Stellar. Meski dengan adanya film ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa cryptocurrency akan semakin dilirik oleh masyarakat luas, tapi apabila representasi bitcoin dan cryptocurrency dalam film ini ditampilkan secara negatif apakah tidak akan menciptakan FUD yang irasional? (*)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH