Film Bertemakan Kisah Cinta SMA Paling Populer Dilan 1990 (Sumber: Ist)

"TIADA masa paling indah, masa-masa di sekolah. Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah," demikian cuplikan lirik lagu Kisah Kasih di Sekolah milik Chrisye.

Di bangku sekolah, terutama putih abu-abu, seseorang memasuki masa pubertas. Mereka mulai mengenal lawan jenis. Sebagian bahkan menjalin kisah kasih dengan temannya di sekolah. Perasaan yang meletup-letup namun malu-malu saat berpapasan dengan pujaan hati membuat romansa percintaan putih abu-abu indah untuk dikenang.
Beberapa sineas Indonesia pun mengabadikan kisah percintaan anak SMA dalam sebuah film. Beberapa pasangan fiksi tersebut bahkan menjadi fenomenal dan tetap dikenang hingga sekarang. Berikut di antaranya:

1. Gita Cinta Dari SMA (Galih Ratna)

Gita Cinta dari SMA (Sumber: Ist)
Gita Cinta dari SMA (Sumber: Ist)

Film yang dirilis tahun 1979 menjadi pionir kisah cinta ala anak SMA. Sosok Galih yang diperankan oleh Rano Karno dan Ratna yang diperankan oleh Yessy Gusman bahkan tetap dikenang hingga saat ini. Film ini mengisahkan tentang siswi baru bernama Ratna Suminar Sastrowardoyo.

Kepribadiannya yang ramah, baik serta wajah cantik membuat Ratna digilai hampir seluruh siswa di kelasnya. Hanya Galih yang bersikap cuek. Galih bahkan selalu menolak mentah-mentah tiap kali Ratna memintanya mengantar.

Film ini menampilkan adegan romansa klasik khas tahun 70an seperti memuliskan puisi romantis, naik sepeda bersama, bernyanyi bersama hingga menyusuri jalan berdua. Sayangnya, romantisme mereka harus berakhir tragis lantaran cinta keduanya ditentang oleh ayah Ratna. Perpisahan mereka ditandai dengan surat yang ditulis Ratna. "Aku yang telah bersusah payah mengejar cintamu ternyata menemui jurang," demikian tulisnya.

2. Ada Apa Dengan Cinta (Rangga Cinta)

Kisah fenomenal antara Rangga dan Cinta menjadi awal kebangkitan film Indonesia tahun 2000an. Tak banyak yang tahu jika kisah Galih dan Ratna menginspirasi Mira Lesmana untuk menciptakan tokoh Rangga dan Cinta. Mira ingin membuat film remaja karena suka dengan film Gita Cinta dari SMA.

Karakter Rangga yang cuek hampir serupa dengan Galih. Kisah antara Rangga dan Cinta dimulai ketika Cinta ingin membuat profil Rangga selaku pemenang lomba menulis puisi untuk mading sekolah. Namun, niat baik Cinta ditolak mentah-mentah oleh Rangga. Rangga bahkan selalu menunjukkan sikap ketus ke Cinta.

Di hadapan teman-temannya, Cinta mendeklarasikan "perang" dengan pria berambut ikal tersebut. Cinta mulai bersemi seiring kebersamaan mereka. AADC 1 diakhiri dengan adegan Rangga yang meninggalkan Cinta di bandara untuk pergi ke New York.

Selang 14 tahun kemudian, di AADC 2 Rangga dan Cinta kembali bertemu. Berbeda dengan penampilannya saat SMA, Cinta dan Rangga sudah jauh lebih matang. Cinta sempat membenci Rangga lantaran Rangga meninggalkannya tanpa kepastian.

"Yang kamu lakukan ke saya itu jahat," demikian ucapan Cinta saat bertemu kembali dengan Rangga setelah berpisah 14 tahun. Kalimat tersebut bahkan menjadi viral. Kisah mereka dilanjutkan dengan adegan Cinta dan Rangga yang menghabiskan waktu berdua di Jogjakarta hingga matahari terbit.

3. Dilan 1990 (Dilan Milea)

Siapa yang tak tahu pasangan masa kini, Dilan dan Milea? Keromantisan yang selalu ditunjukkan oleh karakter Dilan membuat banyak penonton terjangkit "demam Dilan". Sosok Dilan dalam film Dilan 1990 diangkat dari novel berjudul sama karya Pidi Baiq.

Dilan merupakan siswa bad boy yang kerap membuat ulah di sekolah. Dirinya merupakan anggota geng motor. Ia bahkan menjadi panglima perang di geng motor tersebut. Sosok Dilan begitu digilai oleh pembaca dan penonton lantaran sikap romantis tak biasa yang ditunjukkan oleh Dilan. Di saat teman Milea, Nandar memberikan hadiah boneka besar untuk Milea, Dilan justru menghadiahkan teka teki silang. Uniknya, teka teki silang yang diberikan oleh Dilan sudah diisi.

"TTS sudah diisi karena aku enggak mau kamu pusing memikirkannya," demikian ucap Dilan. Uniknya romantisme Dilan juga ditunjukkan saat Milea sakit. Alih-alih menjenguk sembari membawa buah, Dilan justru mengajak tukang pijat. "Jangan rindu. Berat. Kamu ngga akan kuat. Biar aku saja," demikian gombalan Dilan yang membuat perempuan se-Indonesia baper.

Meski film ini dibuat tahun 2018, latar waktu film ini adalah tahun 1990. Muncul berbagai atribut 90an yang hadir dalam film ini mulai dari motor Honda CB100 yang dikenakan Dilan, setting rumah Milea dan Dilan, hingga kamar Dilan. Sama seperti dua kisah sebelumnya, puisi juga memiliki peran penting dalam film dan novel.

Sama seperti sosok Rangga dan Galih, sosok Dilan juga kerap membuat puisi untuk Milea. Surat tersebut dibaca Milea saat bunda dari Dilan yang diperankan Ira Wibowo mengajak Milea ke kamar Dilan. Kisah Dilan dan Milea juga tak kalah tragis dengan kisah Galih dan Ratna, atau Cinta dan Rangga. Dalam novel, Dilan dan Milea digambarkan tak bersatu.

Yang manakah kisah cinta favoritmu? (Avia)



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH