Film 'Autobiography' Gandeng DoP Polandia untuk Hadirkan Nuansa Gelap

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 02 September 2022
Film 'Autobiography' Gandeng DoP Polandia untuk Hadirkan Nuansa Gelap
Cuplikan trailer Autobiography. (Foto: Youtube@Cine maldito)

FILM Indonesia, Autobiography, berhasil menembus Venice dan Toronto International Film Festival 2022. Sutradara Makbul Mubarak sengaja melibatkan sinematografer atau director of photography (DoP) asal Polandia untuk menghasilkan film yang berkesan gelap.

Makbul mengatakan, Autobiography merupakan film bergenre suspense thriller. Oleh karena itu, kesan gelap atau dark harus hadir secara intens di sepanjang film. Menurutnya, pemilihan DoP dari luar negeri bisa memvisualisasikan apa yang diinginkannya.

"Saya pengen filmnya itu dark, bekerja dengan DoP Polandia sangat membantu. Bagaimana dia menggunakan kegelapan untuk meningkatkan intensitas itu sangat membantu, gambar-gambarnya itu sangat detail," ujar Makbul dalam jumpa pers di Flix Cinema, ASHTA District 8, Jakarta Selatan, Selasa (29/8).

Baca juga:

Film Indonesia 'Autobiography' Berkompetisi di Venice Film Festival 2022

Lebih lanjut, Makbul merasa aktor yang dilibatkan dalam film ini memiliki pembawaan dingin dan terlihat mampu mengintimidasi penonton. Hal tersebut ditemukan dalam diri Kevin Ardilova dan Arswendy Beningswara. Menurutnya, kedua aktor tersebut mampu menunjukkan ekspresi ketegangan meski tanpa dialog.

"Contohnya nih, saya duduk dekat bang Wendy (Arswendy Beningswara), auranya saja beda gitu. Seolah-olah kayak kita ada salah sama dia, padahal enggak. Intensitas-intensitas ini yang saya perlukan," katanya.

Beberapa waktu lalu, Autobiography juga merilis trailer perdananya. Dalam cuplikan tersebut, diperkenalkan sosok Rakib (Kevin Ardilova) yang menjaga rumah seorang pensiunan bernama Purna (Arswendy Beningswara). Film ini juga dibintangi oleh Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan almarhum Gunawan Maryanto.

Baca juga:

Film 'Autobiography' Mejeng di Venice dan Toronto International Film Festival

'Autobiography' Gandeng DOP Polandia untuk Hadirkan Nuansa Gelap
Makbul Mubarak. (Foto: Poplicist ID)

Di Venice International Film Festival 2022, Autobiography akan berkompetisi di seksi Orrizonti (Horizons) sebagai satu-satunya film dari Asia Tenggara. Bersaing dengan film-film lain dari Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Prancis, hingga Iran.

Di sisi lain, Toronto International Film Festival 2022 akan diselenggarakan pada 8-18 September. Festival berusia 46 tahun itu dianggap sebagai festival penting yang menentukan apakah sebuah film dapat bersaing di Academy Award atau Piala Oscar.

Dikembangkan sejak 2017, film Autobiography telah dipresentasikan pada TorinoFilmLab2017 dan berlanjut European Audiovisual Entrepreneurs Ties That Bind, Berlinale Co-production Market, Locarno Open Doors, Southeast Asian Fiction Lab-SEAFIC, FDCP Project market, dan First Cut Lab.ke. (and)

Baca juga:

Autobiography Dipenuhi Ketegangan dan Kegelapan

#Film #Film Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan