Filianingsih Hendarta Bakal Jadi Deputi Gubernur BI

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 14 Februari 2023
Filianingsih Hendarta Bakal Jadi Deputi Gubernur BI
Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta . (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pada Senin (13/2), Komisi XI DPR RI mengadakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada dua calon Deputi Gubernur BI, yakni Filianingsih Hendarta yang menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, dan Dwi Pranoto yang menjabat Kepala Departemen Regional Bank Indonesia.

Dalam uji kepatutan dan kelayakan tersebut, Filianingsih menekankan visi misinya berfokus pada transformasi ekonomi keuangan digital untuk mewujudkan perekonomian nasional inklusif dan progresif.

Baca Juga:

Tanggapan Sri Mulyani Yang Dikabarkan Jadi Calon Gubernur BI

Akhirnya, Komisi XI DPR memutuskan Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) terpilih, menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya selesai pada April 2023.

"Bank Indonesia menyambut baik Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur terpilih yang akan mengemban tugas pada 2023-2028," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono.

Hasil pemilihan tersebut merupakan salah satu perwujudan bahwa Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia dipilih berdasarkan sistem meritokrasi, yakni pada kompetensi dan kapabilitas terbaik yang dimiliki tanpa memandang suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), dalam menjalankan amanat pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

"Visi dan misi kami jika terpilih untuk mengemban tugas sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia yaitu terwujudnya perekonomian nasional tidak hanya berdaya tahan tetapi juga progresif dan inklusif melalui akselerasi transformasi ekonomi keuangan digital yang efektif dan sinergis untuk kebangkitan Indonesia," ujar Filianingsih.

Ia menuturkan, visi dan misi tersebut dimanifestasikan dalam tiga strategi pokok, yaitu mengawal stabilitas moneter, memastikan dukungan pembiayaan ekonomi yang memadai dan inklusif, serta merumuskan dan mengimplementasikan langkah konkret untuk mengakselerasi transformasi ekonomi keuangan digital. (Asp)

Baca Juga:

Jokowi Diyakini Ajukan Nama Pengganti Gubernur BI di Akhir Februari

#Pemulihan Ekonomi #Bank Indonesia
Bagikan
Bagikan