Headline

Figur Muda dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf Cocok untuk Isi Pos-Pos Ini

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 04 Juli 2019
  Figur Muda dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf Cocok untuk Isi Pos-Pos Ini
Pengamat Politik Ade Reza Hariyadi (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Suara-suara agar Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) memilih menteri dari kalangan milenial belakangan makin kencang saja. Banyak yang berharap agar beberapa menteri dalam Kabinet Kerja Jilid Dua diisi kaum milenial.

Lantas, pos-pos mana saja yang cocok dipegang anak-anak muda? Pengamat politik Ade Reza Hariyadi menunjuk sejumlah kementerian yang bisa diisi figur muda yakni perdagangan, industri, teknologi dan informasi serta pariwisata.

Sektor-sektor strategis ini menurutnya akan lebih bergairah jika dikelola kaum milenial atau figur muda.

"Sektor strategis seperti perdagangan dan industri, teknologi dan informasi, maupun pariwisata dapat menjadi kesempatan bagi Jokowi untuk melibatkan figur muda dalam kabinetnya," kata Ade Reza di Jakarta, Rabu (3/7).

Pasangan Presiden dan Wapres Terpilih Jokowi-Ma'ruf
Presiden dan Wapres terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin (Foto: antaranews)

Sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan akan mempertimbangkan figur muda untuk menjabat sebagai menteri di kabinet mendatang.

Menurut Ade Reza, langkah Jokowi tersebut cukup strategis sebagai bentuk kaderisasi politik.

Namun dia menyarankan postur kabinet mendatang tetap harus mempertimbangkan prioritas untuk merekrut figur muda yang kompeten.

Selain itu figur muda yang dipilih harus mampu menerjemahkan visi dan misi presiden terpilih, serta memiliki nilai tambah memperkuat efektifitas pemerintahan dan stabilitas sosial politik.

BACA JUGA: Tingkatkan Daya Saing Tenaga Kerja, Manaker Dorong Percepatan Program Kartu Prakerja

Namanya Masuk Dalam Salah Satu Figur Capres 2024, Begini Tanggapan Anies Baswedan

"Sepanjang ada figur muda dengan kualifikasi tersebut, Jokowi sebaiknya tidak ragu untuk merekrutnya karena juga dapat menjadi langkah strategis untuk kaderisasi politik," katanya.

Ade Reza Hariyadi sebagaimana dilansir Antara mengatakan keberadaan figur muda juga akan menjadi sinyal bagi masyarakat bahwa Jokowi menaruh perhatian terhadap kepentingan bangsa di masa yang akan datang.(*)

#Pengamat Politik #Milenial #Kabinet Kerja #Joko Widodo
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan