FIFA Tidak Izinkan Ezra Walian Perkuat Timnas Indonesia U-23 Ezra Walian latihan bersama Timnas Indonesia U-23 di Hanoi, Vietnam. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) tidak mengizinkan Ezra Walian memperkuat timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi AFC Cup U-23 2020.

Permasalahan itu karena FIFA menyatakan status Ezra yang pernah membela timnas Belanda U-17 pada ajang Kualifikasi Piala Eropa U-17 tahun 2014.

Pertandingan tersebut yang mengganjal Ezra. Menurut Statuta FIFA pasal 5 ayat 2, seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi tidak berhak membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Ezra Walian saat memperkuat timnas Belanda U-17. Foto: net

Pada kasus Ezra, AFC sudah mengetahui bahwa mantan striker Ajax Amsterdam itu merupakan pemain naturalisasi. Oleh karena itu, AFC meminta dokumen pendukung seperti sumpah kewarganegaraan, dekret presiden, serta paspor.

PSSI pun langsung bergerak cepat dengan mengirimkan sejumlah dokumen yang diminta. Selepas itu, AFC meminta PSSI agar PSSI mengirimkan surat dari KNVB yang mengklarifikasi bahwa Ezra belum pernah membela Timnas Belanda.

Dalam surat balasannya ke PSSI, KNVB menyatakan Ezra pernah membela timnas Belanda U-17 2014. Kala itu, pemain kelahiran 22 Oktober 1997 itu telah bermain dua kali yakni melawan San Marino dan Georgia.

Atas laporan KNVB, Ezra diketahui sudah pernah bermain di kompetisi resmi bersama De Oranje sebelum ia mengajukan naturalisasi pada tahun 2017.

Ezra Walian. Foto: PSSI

Kemudian, AFC meminta PSSI berkomunikasi dengan FIFA untuk mendapatkan lampu hijau buat Ezra. FIFA pun meminta PSSI mengirimkan dokumen yang dibutuhkan seperti sumpah, decree, pernyataan dari Ezra, paspor Belanda, paspor indonesia, versi Inggris dan bahasa.

Setelah diperiksa, FIFA memutuskan tidak memberikan lampu hijau kepada Ezra untuk membela timnas U-23 karena pernah mempekuat timnas Belanda U-17. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH