Fidelis Arie Divonis 8 Bulan Penjara Ilustrasi. (pn-sanggau.go.id)

MerahPutih.com - Pengadilan Negeri Sanggau menjatuhkan vonis 8 bulan penjara kepada Fidelis Arie Sudewarto (36), Rabu (2/8). Fidelis juga dikenakan denda sebesar Rp 1 miliar atau subsider 1 bulan penjara.

Fidelis merupakan terdakwa kasus kepemilikan 39 batang ganja. Ia menjadi terkenal setelah diketahui ganja yang ditanamnya digunakan untuk pengobatan istrinya yang mengidap penyakit langka Syringomyeila.

Hakim menilai bahwa Fidelis terbukti bersalah dalam kepemilikan 39 batang ganja tersebut, meski digunakan untuk pengobatan. Perbuatan Fidelis dinilai memenuhi unsur dalam Pasal 111 dan 116 UU Nomor 35 tentang Narkotika.

Fidelis dituntut lima bulan penjara dan denda Rp 800 juta subsider satu bulan kurungan. Hal yang meringankan adalah Fidelis tidak berniat jahat atau mencelakai istrinya.

Fidelis Ari adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, yang ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) karena menanam ganja di halaman rumah.

Fidelis menanam ganja untuk mengobati istrinya, Yeni Riawati (39) yang menderita penyakit sumsum tulang belakang atau yang biasa dikenal Syringomyelia.

Seakan sudah jatuh tertimpa tangga pula. Setelah 32 hari ditahan polisi, sang istri yang tidak bisa mendapatkan pengobatan dari Ari, akhirnya meninggal dunia. (*)

Baca juga berita lainnya: Setitik Harapan Keluarga Fidelis Untuk Pemerintah


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH