Otomotif

FIA Pensiunkan Nomor 43 di Reli untuk Hormati Ken Block

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 08 Januari 2023
FIA Pensiunkan Nomor 43 di Reli untuk Hormati Ken Block
Nomor 43 dipensiunkan dari WRC untuk musim 2023. (Foto: WRC)

KENNETH Block atau yang lebih populer dengan Ken Block terkenal dengan nomor balap #43 sepanjang kariernya yang mencakup 25 kali start di reli level atas. Ia mencatatkan hasil terbaik finis ketujuh di Reli Meksiko pada 2013 silam, seperti dilaporkan Motorsport, Jumat (6/1).

Pria yang terkenal berkat serial video Gymkhana di YouTube itu juga menggunakan nomor tersebut saat berlaga di Kejuaraan Reli AS, Kejuaraan Rallycross Global, dan Kejuaraan Rallycross Dunia FIA. Prestasinya bukan cuma mentereng, tapi menggugah dunia olahraga otomotif di seluruh dunia.

Tahun lalu, Block nyaris gagal meraih mahkota di kejuaraan reli nasional AS untuk pertama kalinya, setelah menjuarai event itu empat kali dan mengoleksi 65 kemenangan etape. Kini, WRC memutuskan untuk membekukan atau memensiunkan nomor balap #43 sebagai bentuk penghormatan terhadap pria berusia 55 tahun itu.

Baca juga:

Pembalap Reli Ken Block Tutup Usia

Ken Block telah melakukan begitu banyak bagi budaya dan dunia otomotif. (Foto: WRC)

Berbagai bentuk penghormatan terus mengalir kepada Block. Bukan hanya atas kariernya, tapi atas segala karya yang telah ia lakukan untuk membangun budaya otomotif kuat dan berkarakter. Ia bukan hanya penikmat, namun penggagas dunia otomotif yang begitu berbudaya seperti yang kita punya saat ini.

Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem mengatakan, bahwa memensiunkan nomor tersebut untuk musim 2023 adalah penghormatan yang tepat untuk seorang pembalap yang ia sebut sebagai 'legenda sejati'.

"Mengingat kontribusi yang sangat besar yang diberikan teman baik kita Ken Block untuk motorsport dan fakta bahwa ia sangat dihormati oleh orang-orang di seluruh dunia, sangat tepat bahwa #43 miliknya akan ditarik dari penggunaan selama musim WRC 2023," kata Ben Sulayem.

Baca juga:

Audi dan Ken Block Pamerkan Kolaborasi EV Spesial ‘Hoonitron’

Ken Block begitu dicintai dan dihormati penggemar otomotif di seluruh dunia. (Foto: WRC)

Sulayem menambahkan, meski itu hanya sebuah gerakan kecil, namun ia berharap inisiatif itu dapat membawa kenyamanan bagi keluarga dan teman-teman saat ini. Ken dianggap Ben sebagai seorang legenda sejati, dan kenangannya akan hidup bersama WRC selamanya.

"Dampak yang diberikan Ken pada reli dalam membahwa olahraga kami ke audiens yang sama sekali baru tidak dapat diremehkan. Bagi Ken, keterlibatan penggemar adalah yang terpenting, membuatnya menjadi sosok yang dicintai di WRC," kata Direktur Pelaksana Promotor WRC Jona Siebel. (waf)

Baca juga:

Justin Bieber Dilarang Beli Ferrari, Ini Penyebabnya

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan