Fesyen untuk Menumbuhkan Kesadaran Cinta Lingkungan Lelang fashion item untuk kepedulian pada lingkungan. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

SAMPAH plastik jadi hal yang biasa kita lihat sehari-hari. Yang paling sering bertebaran ialah sampah plastik. Tidak bisa dimungkiri memang, plastik jadi favorit untuk memenuhi kebutuhan manusia akan kemasan.

Namun, tanpa disadari ketergantungan manusia pada plastik membawa dampak yang amat buruk bagi lingkungan. Plastik dapat memicu perubahan iklim, mencemari lingkungan, mengganggu pernapasan hingga mencemari tanah karena sulit diuraikan mikroorganisme.

Karena tak ingin membiarkan permasalahan tersebut membayangi kehidupan, tiga desainer dan tiga lembaga nonprofit bekerja sama menyelenggarakan lelang pakaian. Kegiatan tersebut bertujuan membangkitkan kesadaran akan bahaya plastik dan kecintaan pada lingkungan. Yang membuat lelang fesyen itu unik ialah berbagai koleksi yang dilelang terbuat dari bio-plastic.

Ketiga desainer yang berpartisipasi pada event tersebut, yakni Purina, Cotton Ink, dan Klé. Sementara itu, lembaga nonprofit yang hadir pada kesempatan tersebut, yakni Ransel Buku, Green Books, dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. Hadir pula Kevin Kumala, Chief Green Officer Avani.

Salah seorang desainer yang menampilkan busana terbuat dari bio-plastic ialah Nonita Respati. Pemilik clothing line Purina tersebut tak menyangka bahwa antusiasme para hadirin cukup besar.

"Aku sangat surprise dan tak menyangka baju-bajuku dihargai tinggi," tuturnya. Salah satu pakaian yang ia desain berupa outer yang terbuat dari bio plastic bahkan mencapai penawaran Rp 1 juta.

Selama menjadi desainer, ia berpikir bahwa baju rancangannya hanya untuk showcase. "Fashion item ramah lingkungan ternyata enggak cuma untuk membangkitkan kesdaran, tetapi juga menggali dana untuk kecintaan pada alam. I am very happy," ujar perempuan bertubuh ramping tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasi hadirin sehingga kami bisa mengumpulkan total Rp 9 juta," ucap Kevin Kumala yang memimpin event tersebut. Seluruh hasil lelang akan disumbangkan ke tiga lembaga nonprofit yang hadir.(Iva)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini