Festival Tanjung Lesung 2019 Siap Digelar Festival Tanjung Lesung siap digelar (Foto: MP/Raden Yusuf)

KEMENTERIAN Pariwisata Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Banten West Java, sebagai pengelola KEK Pariwisata Tanjung Lesung, hari ini, Kamis (19/9) resmi meluncurkan perhelatan akbar Festival Tanjung Lesung.

Festival Tanjung Lesung merupakan ajang tahunan berkonsep sport dan culture. Di dalamnya terdapat dua acara utama, yakni Rhino Cross Triathlon, ajang edisi ketiga kejuaraan terbuka triathlon lintas alam dan Pasar Kolecer.

Baca juga:

Telaga Biru-Situ Cicerem Tidak Seram Loh!

Keduanya dihelat pada tanggal 27 - 29 September 2019 di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung. Acara ini juga sudah masuk ke dalam Kalender Event Nasional Kementerian Pariwisata. Rhino Cross Triatlhon sendiri terbagi atas tiga lomba yakni berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung.

Festival Tanjung  Lesung diadakan pada 27-29 September (Foto: MP/Raden Yusuf)
Festival Tanjung Lesung diadakan pada 27-29 September (Foto: MP/Raden Yusuf)



Terkait acara tersebut, tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calendar of Events, Esthy Reko Astuty menuturkan jika pemerintah Indonesia mendukung acara Festival Tanjung Lesung.

"Banten kembali menghelat event kebanggaannya, Festival Tanjung Lesung. Pasca peristiwa bencana 2018, Banten kini bangkit dan pulih, siap menerima kunjungan para wisatawan," ucap Esthy Reko Astuty saat ditemui merahputih.com di pressconfrence Festival Tanjung Lesung, di Menara Batavia, Jakarta, Kamis (19/9).

Baca juga:

Viral, Wisata Tersembunyi Negeri di Atas Awan Terus Didatangi

Festival Tanjung Lesung menghadirkan beragam agenda acara yang istimewa dan menarik. Selain Rhino Cross Triathlon dan Mountain Bike Cross Country Marathon, di Pasar Kolecer akan menampilkan berbagai karya industri kreatif Pandeglang.

Ajang ini diadakan setiap tahun (Foto: Ist)
Ajang ini diadakan setiap tahun (Foto: Ist)

Ajang ini menghadirkan Pasar Kuliner, Pasar Kriya, Pasar Tani, Fish Food Market, Pentas Musik, Pergelaran Seni, Festival Kolecer dan Festival Peteng, yaitu layang-layang khas Banten dengan memiliki aneka bentuk nan elok.

Saat ini hampir 200 peserta RXT dan MTBXCM dari 5 negara telah mendaftar untuk turut berkompetisi memperebutkan total hadiah lebih dari 200 juta rupiah. Namun diprediksi akan terus bertambah karena registrasi pesertanya masih dibuka melalui website event: www.rhinoxtriathlon.com.

Baca juga:

Belajar Legenda Terkenal di Jembatan Siti Nurbaya

Nantinya Rhino X-Tri digelar dalam 2 kategori yaitu Kategori Rhino yang melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer. Sementara di ajang Rhino Mountain Bike XCM akan dipertandingkan kategori-kategori, antara lain yakni Women Open, Men Open, Men Junior dan Men Master. (Ryn)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH