Festival Seni Tradisi Pilih 5 Seni Tradisional Terbaik di Yogyakarta Ilustrasi seni Yogyakarta: ANTARA FOTO/Regina Safri

MerahPutih Budaya - Festival Seni Tradisi akan diselenggarakan besok, Rabu (2/12), selama tiga hari hingga Jumat (4/12), di Plaza Pasar Ngasem Yogyakarta, DI Yogyakarta. Gelaran bagi seniman dan pegiat seni budaya tradisi ini akan memilih seni tradisional terbaik.

Kepala Seksi Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta Wardoyo menjelaskan, festival akan menentukan lima yang terbaik. "Lima yang terbaik masing-masing mendapatkan uang pembinaan," katanya saat konferensi pers di Dinas Kebudayaan Yogyakarta, Selasa (1/12).

Pemilihan lima terbaik dilakukan oleh dewan juri dari berbagai latar, seperti seniman, akademisi, dan pengamat seni tradisional. Menurutnya, dewan juri menentukan sesuai penilaian yang tepat dari aspek kebudayaan.

Wardoyo menyatakan, festival diikuti 30 kontingen dari lima kota seprovinsi DI Yogyakarta. Masing-masing kontingen akan menyuguhkan seni tradisional terbaik di daerah masing-masing.

"Acara ini diadakan karena di dalam seni trdisional banyak tersimpan pengetahuan-pengetahuan berharga," katanya. (fre)

 

BACA JUGA:

  1. "Kangen Jogja" Promosikan Kesenian Tradisional
  2. Tradisi Bakar Batu, Pesta ala Suku Dani
  3. Mengenal Lebih Dekat Suku Dani dari Papua
  4. Fadhil Indra: Indonesia Belum Bisa Fokus Menata Negara
  5. Komunitas Keyboardist Deklarasi Satu Laut Indonesian di Hari HUT RI


Adinda Nurrizki

LAINNYA DARI MERAH PUTIH