Festival Ragam Nusantara di Kota Tua, Wadah Diskusi Budaya Indonesia Festival Ragam Nusantara di Kota Tua

Festival Ragam Nusantara di Kota Tua resmi dibuka Kamis (5/10). Acara itu digelar hingga 8 oktober 2017, yang berlokasi di Gedung Kerta Niaga, di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat.

Festival Ragam Nusantara menghadirkan beraneka ragam budaya, seperti tarian, musik, diskusi, lokakarya, pameran fotografi, film serta bazar makanan dan pernak pernik khas daerah.

Menut ketua koordinator acara, Kanti W Janis, acara ini bertujuan menjadi wadah diskusi budaya bagi masyarakat yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Acara ini kami gelar karena ingin temen-temen di Jakarta punya bahan diskusi tentang kebudayaan," ucap Kanti saat ditemui di Kota Tua, Jakarta, Kamis (5/10).

Menjadikan ajang itu sebagai wadah diskusi kebudayaan bukan tanpa alasan. Ruang diskusi kebudayaan amat dibutuhkan di tengah maraknya isu perseteruan suku, ras dan agama. Kehadiran festival ini membuktikan bahwa seluruh warga Indonesia bisa bersatu tanpa melihat latar belakang.

"Karena belakangan ini tensi perseteruan suku dan agama tengah panas, acara ini kita membuktikan bahwa meski kita berbeda-beda suku agama dan ras, kita bersatu di sini dengan damai," tutur Kanti.

Selain itu, Kanti berharap nilai-nilai keragaman dapat menjadi fondasi dan inspirasi untuk memajukan bangsa.

Salah seorang pengunjung yang hadir pada Festival Ragam Budaya Nusantara, Sheli, mengatakan acara itu cukup bagus karena dapat membuat anak muda Indonesia lebih mengenal kebudaya lokal ketimbang pengaruh dunia luar.

"Keren ya acaranya. Di sini kita bisa banyak belajar dan mengenal tentang budaya Indonesia. Di tengah zaman modern yang sibuk dengan gadget, acara kebudayan ini cukup membantu," ucap Sheli.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Festival Ragam Nusantara, acara ini terbuka untuk umum dan gratis. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH