Festival Pecinan 2019 Pemanasan Kemeriahan 20 Tahun INTI Suasana kemeriahan Festival Pecinan 2019 di Jalan Pantjoran Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. MP/Rizki Fitriyanto

MerahPutih.com - Festival Pecinan 2019 resmi digelar di Jalan Pantjoran Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Kegiatan yang digelar Suku Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jakarta Barat bersama Perhimpunan INTI berlangsung dua hari, sekaligus sebagai rangkaian peringatan Cap Go Meh 2019.

Ketua Panitia Festival Pecinan 2019 dr. Anwar Budiman mengungkapkan acara ini yang kedua kali digelar secara berturut setelah tahun lalu digelar di tempat yang sama.

"Pertama-tama, marilah kita ucapkan puja dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di hari ini. Izinkan saya selaku Ketua Panitia mengucapkan selamat datang kepada bapak ibu hadirin pada acara Festival Pecinan 2019 sekaligus perayaan Cap Go Meh," kata Anwar dalam pidato pembukaan, Selasa (19/2).

Ketua Panitia Festival Pecinan 2019 dr. Anwar Budiman. MP/Rizki Fitriyanto

Anwar menambahkan Festival ini merupakan rangkaian acara 20 Tahun berdirinya Perhimpunan INTI pada bulan April nanti. INTI, kata dia, sangat berterimakasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya hingga acara Festival Pecinan 2019 bisa terwujud.

"Terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gubernur DKI Jakarta bapak Anies Baswedan yang telah menepati janji tahun lalu akan hadir kembali dalam Festival Pecinan 2019," imbuh Anwar.

Untuk itu, Anwar memastikan ke depannya INTI siap untuk bekerja sama dan mendukung program-program pemerintah DKI Jakarta dalam hal pemberdayaan masyarakat khususnya pembinaan UMKM dan ekonomi kreatif seperti dalam festival kali ini.

"Akhir kata, untuk bapak ibu pengunjung semua, kami dari panitia mengucapkan selamat menikmati perayaan malam Cap Go Meh. Semoga kita semua diberi kelimpahan rezeki dan kesehatan di tahun yang baru ini," tutup dia.

festival pecinan
Suasana kemeriahan Festival Pecinan 2019 di Jalan Pantjoran Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. MP/Rizki Fitriyanto

Dalam acara Festival Pecinan 2019 turut dimeriahkan sejumlah aksi kesenian kebudayaan Tionghoa dan juga Betawi. Mulai dari pagelaran tari dan musik Tionghoa, parade Koko dan Cici, Barongsai, Liong, Guzhen, Potechi Cinwa, hingga Tari 1000 Tangan Dewi Kuan Im.

Untuk kebudayaan Betawi yang ditampilkan Gambang Kromong, ‎Ondel-Ondel dan Enggrang. Adapula sejumlah UMKM kuliner juga turut meramaikan kemeriahan. Acara berlangsung sejak Pukul 14.00 hingga Pukul 22.00 WIB selama dua hari. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH