Festival of Light, Hidup dan Indahnya Monas di Malam Hari Monas dimeriahkan dengan Festival of Light. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

MONUMEN Nasional (Monas) masih menjadi magnet tersendiri bagi ibukota. Destinasi utama Jakarta yang terletak di Jakarta Pusat ini menampilkan sosok Jakarta sebagai kota modern pusat seni budaya.

Sebagai ikon khas ibukota, Monas masih menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mendapatkan informasi cuplikan sejarah berkembangnya Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.


Baca Juga: SEJARAH HARI INI: Soekarno Meneken Kepres Tentang Pembentukan Panitia Monumen Nasional (Monas)

monas
Monas menjadi bercahaya. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Tak hanya dijadikan sebagai pusat informasi budaya Jakarta, Monas juga dijadikan sebagai lokasi wisata kuliner hingga hunting foto. Lanskapnya yang tertata rapi dan otentik membuat wisatawan berlomba-lomba untuk berfoto di sana.

Untuk semakin memenuhi keinginan pengunjung yang suka berfoto-foto, pihak Monas menyediakan instalasi lampu-lampu yang indah bertajuk Festival of Light.

monas
Menjadi bagian dari Monas Week. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

"Festival of Light adalah bagian dari rangkaian Monas Week yang sudah kami susun tahun lalu" tutur Munjirin, Plt. Unit Pengelola Kawasan Monas. Lebih jauh pria yang juga berperan sebagai konseptor utama Monas Week ini menjelaskan bahwa Monas Week merupakan pekan pameran seni budaya yang menampilkan sejarah serta keindahan dan keragaman budaya Jakarta dalam tampilan teknologi modern. Sebelumnya, awal Agustus Monas menampilkan sejarah Indonesia dalam hologram, bulan ini berupa instalasi lampu dan teknologi canggih yang akan ditampilkan di akhir tahun berupa video mapping bertajuk kaleidoskop 2019.


Baca Juga: Monas Masih Jadi Primadona Wisata Jakarta

monas
Destinasi wisata malam terbaru. ((Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)


Menurut Munjirin, Festival Of Light memberikan pemaknaan pada taman kota di malam hari dengan lampu. Lampu-lampu cantik yang mulai dibuka untuk umum Kamis (15/8) tersebut mengambil bentuk dari beberapa diorama yang ada di Museum Sejarah Nasional. Kita juga bisa melihat potret para pejuang Kemerdekaan Indonesia seperti Soekarno, Muhammad Hatta, Jenderal Soedirman hingga Pangeran Jayakarta dalam lampu-lampu indah.

monas
Jenderal Sudirman dijadikan penuh cahaya. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)


Keindahan tersebut semakin sempurna dengan replika kapal dagang VOC yang diselimuti gemerlap lampu warna warni.

Pihak Monas membocorkan jika pada Sa tu (17/8) Festival of Light akan semakin hidup dengan penampilan orkes, Judika, hingga video mapping. Yuk mampir ke Monas! (avia)


Baca Juga: Cerita Mistis Monas

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH