Film
Festival Film Swedia, Menonton di Pulau tak Berpenghuni Festival Film Goteborg tawarkan pengalaman unik menonton sendirian selama tujuh hari di pulau Hamneskar. (Foto Erik Nissen Johansen)

ADA yang berubah dalam perhelatan festival film saat pandemi melanda. Kalau tadinya penikmat dan kritikus bisa berkumpul di satu tempat untuk menyaksikan karya-karya terbaik, kini semua harus menonton sendiri di tempat masing-masing secara virtual. Tujuannya, untuk menerapkan social distancing agar dapat memutus rantai penyebaran virus.

Tahun ini, Festival Film Goteberg di Swedia memberikan pengalaman unik yang sangat tepat untuk menggambarkan kondisi isolasi di tengah pandemi. Mereka memberikan kesempatan kepada satu penggemar beruntung untuk menghabiskan waktu menonton film-film festival selama seminggu di pulau terpencil.

BACA JUGA:

Dunia 'Crash Landing on You' di Kota Tokyo

"Apa arti film bagi kita ketika kita terisolasi dari semua hal lain? Untuk menyelidikinya, kami membuka bioskop baru. Di tengah lautan," ujar penyelenggara dalam situs resmi mereka. Festival Film Goteberg tahun ini akan diadakan secara virtual pada 29 Januari hingga 8 Februari. Namun, pihak penyelenggara menyediakan sebuah pengalaman istimewa bernama The Isolated Cinema untuk satu pencinta film beruntung. Demikian dilansir Lonely Planet.

"Selama tujuh hari kamu akan menghabiskan waktu sendirian di pulau di mana kamu akan diberikan akses penuh ke seluruh program film di Goteborg Film Festival 2021," ucap panitia. Pemenang terpilih akan diangkut dengan perahu ke pulau kecil Hamneskar yang terletak di lepas pantai Marstrand di pantai barat Swedia. Pulau ini terkenal sebagai rumah dari mercusuar Pater Noster.

Sesampai di sana, partisipan akan diberikan perbekalan selama tujuh hari untuk menyaksikan 60 film yang ditayangkan dalam festival. Nantinya penggemar akan menetap di sebuah hotel baru yang merupakan lokasi bekas rumah penunggu mercusuar.

festival film swedia
Pemenang terpilih akan menghabiskan tujuh hari di pulau ini hanya untuk menonton 60 film yang ditayangkan dalam festival. (Foto Instagram@gbgfilmfestival)

Saat berada di hotel, penonton ditinggal sendirian, namun tetap akan ada satu orang yang menemani di pulau untuk alasan keamanan. Kemudian peserta bisa membicarakan pengalamannya selama menginap melalui video diari agar bisa dilihat dunia luar. Sayangnya, ada sejumlah syarat untuk bisa mengikuti acra ini. Pihak penyelenggara ingin memberikan pengalaman bebas gangguan sehingga partisipan tidak diperkenankan membawa telepon, laptop, atau bahkan buku. Mereka hanya benar-benar boleh makan dan menonton saja.

Meurut direktur artistik Festival Film Goteborg banyak orang memanfaatkan film untuk mendapatkan kenyamanan selama pandemi. Inilah yang menjadi inspirasi mereka untuk membuat inisiatif The Isolated Cinema. "Kami tertarik dengan bagaimana hubungan audiens dengan film berubah dalam keadaan tersebut, dan ingin menjelajahi hubungan ini dengan lebih ekstrem yaitu mengisolasi satu orang di batu kecil di laut selama satu minggu dengan film sebagai satu-satunya teman," jelas Holmberg.

Walaupun harus menetap selama tujuh hari di pulau tak berpenghuni, Holmberg menyebutkan bahwa pengalaman ini benar-benar aman. Pemenang akan mendapatkan ranjang empuk dan makanan enak sebab acara ini bukan mengenai pengalaman bertahan hidup.

Selain bioskop isolasi di tengah lautan, Goteborg juga sediakan dua pengalaman menonton serupa di Scandinavium Arena dan Draken Cinema. Penggemar dapat menyaksikan film sendirian di dua lokasi yang biasanya penuh dengan penonton. The Isolated Cinema rencananya dilangsungkan pada tanggal 30 Januari-6 Februari 2021. Jika tertarik, pendaftaran akan dibuka mulai 17 Januari mendatang melalui situs resminya.(Sam)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Alasan Kenapa Haechan NCT Tidak Buat Akun Instagram
ShowBiz
Terima Paket Jangan Langsung Dibawa Masuk
Fun
Terima Paket Jangan Langsung Dibawa Masuk

Di masa pandemi ini, bijaklah menerima paket.

Dukungan 'Cinta' untuk Alexei Navalny di Hari Valentine
Hiburan & Gaya Hidup
Dukungan 'Cinta' untuk Alexei Navalny di Hari Valentine

Ratusan perempuan berdemo untuk aktivis Rusia tersebut.

28 Tahun ‘Survive’, NTRL Rayakan dengan Konser Virtual
Fun
28 Tahun ‘Survive’, NTRL Rayakan dengan Konser Virtual

Konser virtual NTRL berlangsung begitu meriah.

Spotify Manjakan BLINK dengan Konten Eksklusif BLACKPINK
ShowBiz
Spotify Manjakan BLINK dengan Konten Eksklusif BLACKPINK

BLACKPINK presents The Album (Enhanced) manjakan penggemar via Spotify

Platform Linguistik Ini Gunakan Teknologi AI
Fun
Platform Linguistik Ini Gunakan Teknologi AI

Indonesia dan Oman bekerjasama menghadirkan platform linguistik ini.

Kegiatan Memasak Jadi Jalan Sumpah Waras
Fun
Kegiatan Memasak Jadi Jalan Sumpah Waras

Buat sebagian orang memasak bukanlah kegiatan yang melebihi kewajaran.

Waras Menahan Diri Pergi ke Bioskop Saat Pandemi dengan Menonton Netflix
Fun
Waras Menahan Diri Pergi ke Bioskop Saat Pandemi dengan Menonton Netflix

Pencinta film ini mengandalkan Netflix untuk mengobati kerinduannya nonton di bioskop.

Mudah Jual Beli Aset Kripto dengan Aplikasi
Fun
Mudah Jual Beli Aset Kripto dengan Aplikasi

Di aplikasi ini, para nasabah bisa melakukan jual-beli aset kripto, menyimpan dan mengirimnya melalui smartphone.

Pentingnya Testimoni Positif bagi Para Pelaku Usaha
Fun
Pentingnya Testimoni Positif bagi Para Pelaku Usaha

Baik itu penilaian positif maupun negatif.