Festival Film Sundance 2021 Hanya Berlangsung Seminggu Biasanya dihelat selama 11 hari. (Foto" Deadline/Danny Moloshok)

PANDEMI COVID-19 membuat Festival Film Sundance 2021 berlangsung sebentar. Festival ini akan diadakan selama seminggu dari 28 Januari hingga 3 Februari 2021.

Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, festival ini biasanya berlangsung selama 11 hari. Keputusan ini diambil menyesuaikan dengan kondisi lingkungan selama pandemi di AS.

Baca juga:

Sejumlah Festival Film Bergengsi Dunia Bakal Pindah ke YouTube, Ditayangkan Gratis!

Mengutip Deadline, penyelenggara festival film ini menerima persetujuan dari Park City, Utah, AS. Pihaknya juga dilaporkan akan mengurangi kapasitas di bioskop menjadi 25 persen karena masalah keamanan COVID-19.

Selain itu, penyelenggara festival juga meminta otoritas dari Park City untuk menyatakan persyaratan bahwa 70 persen acara diselenggarakan langsung di kota tersebut. "Ini akan menjadi tahun yang sulit," kata Betsy Wallace, direktur pelaksana dan CFO Sundance Institute.

Betsy Wallace berusaha untuk memaksimalkan Festival Film Sundance 2021. (Foto: Zimbio)

Pada akhir Juni, Sundance mengumumkan rencananya untuk maju dan menjalankan program bioskop festival secara bersamaan di kota-kota tertentu di seluruh dunia. Sundance juga berencana menayangkan sebagian besar programnya secara daring.

Selain Festival Film Sundance, sejumlah festival dan penganugerahan film lainnnya juga membuat perubahan agar bisa terlaksana di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga:

10 Film Bagus yang Gagal Menang Penghargaan Best Picture Oscar Sejak 2009

Seperti Festival Film Toronto (TIFF) yang berlangsung pada 10 sampai 19 September 2020 secara luring terbatas dan daring. TIFF akan berlangsung melalui kombinasi pemutaran fisik dan drive-on, pemutaran digital, karpet merah virtual, konferensi pers, dan pembicaraan seputar industri film.

Selain TIFF, juga ada Festival Film Pendek Asia. Salah satu festival film terbesar di Asia yang diadakan setiap tahun di Tokyo, akan berlangsung pada 16 sampai 27 September 2020. Festival ini sudah mengalami penundaan selama tiga bulan karena pandemi.

TIFF juga ikut tertunda. (Foto: Vox)

The Academy of Motion Pictures Arts dan Sciences (AMPAS) sebelumnya mengumumkan pada 15 Juni bahwa siaran Academy Awards ke-93 telah ditunda dua bulan hingga 25 April 2021.

Golden Globes mengumumkan pihaknya akan menunda acara penghargaannya di 2021, mengikuti Academy Awards yang juga menunda perhelatan acara tersebut. (and)

Baca juga:

Gara-Gara Corona, Piala Oscar 2021 Terancam Ditunda


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH