Bersiaplah Festival Keren dari Berbagai Negara akan Berlangsung di Bulan Mei Lomba lari lumpur Maldon, Essex, Inggris. (Foto: instagram.com/bethkateh)

APAKAH kalender perjalanan pada bulan Mei kamu terlihat kosong? Saatnya kamu melihat lagi beberapa tempat di berbagai negara yang memiliki agenda festival keren.

Festival dan acara lokal memberi kita pengetahuan terhadap tradisi masa lalu. Dengan mengambil bagian dalam acara lokal yang unik, kita dapat mulai menghargai budaya dan orang-orangnya lebih dalam.

Dikutip Rough Guides, berikut lima festival di Mei yang unik dan bisa menjadi alasan bagus untuk mengemas rabsek dan travelling di bulan ini.

1. Cheung Chau bun festival, Hong Kong

 Cheung Chau bun festival. (Foto: instagram.com/by_nance)
Cheung Chau bun festival. (Foto: instagram.com/by_nance)

Festival roti ini bisa kamu saksikan di Pulau Cheung Chau, Hong Kong selama festival roti Cheung Chau tahunan. Perayaan Tao ini dilangsungkan sebagai cara untuk bersyukur setelah berakhirnya wabah epidemi beberapa ratus tahun yang lalu.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 7 Tempat Wisata Paling Instagramable di Yunani, Yakin Gak Pengin ke Sana?


2. Cinco de Mayo, Puebla, Mexico

 Cinco de Mayo. (Foto: instagram.com/mojitohouseniagarafalls)
Cinco de Mayo. (Foto: instagram.com/mojitohouseniagarafalls)

Meskipun banyak orang secara keliru percaya bahwa Cinco de Mayo adalah Hari Kemerdekaan Meksiko, itu sebenarnya adalah hari perayaan untuk kemenangan Meksiko atas Napoleon III dan Prancis pada Pertempuran Puebla pada 1862. Festival itu diisi dengan parade, festival makanan, dan festival musik dan seni internasional yang berlangsung selama hampir satu bulan.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Panduan Wajib Traveller Global, 10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pergi ke Bali

3. Festival Ular, Cocullo, Italy

 Snake Festival. (Foto: instagram.com/hidden_italy_tours)
Snake Festival. (Foto: instagram.com/hidden_italy_tours)

Dengan penduduk sekitar 250 jiwa, Cocullo sebetulnya bukan destinasi wisata utama, tetapi setahun sekali menjadi sorotan ketika dilangsungkannya Festa dei Serpari atau Snake Festival. Perayaan ini sebagai penghormatan terhadap Saint Domenic yang diyakini dahulu melindungi dari sakit gigi dan terhadap gigitan ular.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Dream City, Akomodasi Paling Dicari Traveller di Kathmandu

4. Nanggol–Land-Diving, Vanuatu

 Land-Diving (Foto: instagram.com/robynlakemanphotography)
Land-Diving (Foto: instagram.com/robynlakemanphotography)


Pada perayaan di Pulau Pentakosta, Vanuatu, ini berlangsung ketika orang-orang di pulau itu melemparkan diri ke tanah dari menara kayu yang dibuat khusus. Kaki mereka terikat oleh tanaman merambat sehingga tertahan. Ritual yang disebut sebagai pelopor bungee jumping ini awalnya dilakukan setahun sekali, sekarang diadakan di bulan April, Mei dan Juni untuk melayani pengunjung.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Cavo Tagoo, Hotel Paling Jadi Incaran Pelancong di Pulau Mykonos


5. Lombal Lari Lumpur Maldon, Essex, Inggris

 Lomba lari lumpur di Essex. (Foto: instagram.com/essexlifemag)
Lomba lari lumpur di Essex. (Foto: instagram.com/essexlifemag)

Festival ini diadakan setiap musim semi di Promenade Park. Balap Lumpur Maldon telah dilakukan di Essex sejak tahun 1970-an. Para pemberani mencoba berlari - atau kemungkinan besar merangkak melalui sedimen tebal Sungai Blackwater. Tahun ini akan diadakan pada 12 Mei. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 5 Negara yang Wajib Dikunjungi oleh Para Penggemar Olahan Daging

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH