Festival Es Harbin, Indonesia Ikut Loh! Festival Es Harbin yang mempesona. (Foto: Pixabay/marcmooney)

FESTIVAL Es Harbin selalu digelar setiap tahunnya pada bulan Januari-Februari. Pada bulan-bulan ini wilayah Harbin, Tiongkok berada pada suhu paling dingin. Konon bisa mencapai -10 - -23 derajat celsius.

Makanya pada bulan-bulan itu diselenggarakan festival es di kota yang terletak di sebelah timur laut daratan Tiongkok. Festival es ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1963. Tahun ini Indonesia juga ikutan loh!

Baca Juga:

Ini Waktu Terbaik di tahun 2020 untuk Melihat Sakura di Jepang

festival
Unjuk kreasi dari para seniman. (Foto: Pixabay/winstone2000)


Pada Festival Es Harbin berarti membicarakan karya senni dengan media es. Seniman dan pematung seolah ditarik untuk datang dan membuktikan kemampuan mereka menampilkan kreasinya. Mereka membuat berbagai kreasi dari kebolehan memahat es. Seperti lampion es, istana, rumah tradisional, kereta, hewan, dan bentuk lainnya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi festival ini adalah pada malam hari. Kreasi-kreasi itu meriah dengan ragam warna-warni lampu yang meriah. Serunya pada festival ini terdapat sepeda dan kereta yang ditarik anjing-anjing husky yang siap dipakai untuk berkeliling.

Baca Juga:

Tersembunyi, 4 Pantai Cantik di Indonesia Pantang Dilewatkan

festival
Festival Es Harbin yang sudah ada sejak tahun 1963. (Foto: Unsplash/Erica Li)

Pengunjung festival ini tak dapat menikmati fitur itu saja. Melainkan dapat pula bersenang-senang dengan wahana ski dan seluncuran yang disediakan pengelola festival. Seluncuran biasanya dibangun oleh para seniman dari kreasi mereka. Berbagai hiburan juga digelar pada festival ini seperti musik dan tarian tradisional. Kuliner dan suvenir tak dilupakan pula pada festival ini. Membawa suvenir dari tempat ini merupakan sebuah kebanggaan.

Di festival ini seniman saling unjuk kebolehan. Siapa sangka Indonesia yang tak memiliki suhu sedingin di Harbin mampu menciptakan kreasi pula di sana. Bahkan tim Indonesia yang berasal dari Bali mampu meraih penghargaan sebagai Best Skill dan Excellent. (Arb)


Baca Juga:

Ribuan Lampion Hiasi Festival Imlek Solo 2020


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH