Otomotif

Ferrari Rilis Supercar SP51, Hanya Satu Unit di Dunia

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 03 Oktober 2022
Ferrari Rilis Supercar SP51, Hanya Satu Unit di Dunia
Ferrari SP51 hanya dibuat satu unit di dunia. (Foto: Ferrari)

SUPERCAR anyar buatan Ferrari yang satu ini adalah kreasi terbaru dari divisi 'Proyek Khusus' Ferrari, yang diciptakan dengan basis dari 812 GTS. Basis mobil itu saja sudah merupakan supercar yang langka, namun mungkin belum cukup bagi para sultan yang ingin mencari mobil nan benar-benar unik.

Meski desain dan basisnya diambil dari 812 GTS, namun Ferrari SP51 betul-betul diciptakan sebagai mobil yang berbeda oleh Ferrari Styling Centre. Mobil itu menerima banyak perubahan desain, dan bergabung dengan beberapa Ferrari one-off atau mobil yang hanya diciptakan satu unit oleh divisi 'Proyek Khusus' itu.

Pertama kali divisi tersebut membuat model one-off adalah pada 2008 silam, saat tim desain internal menciptakan P540 Superfast Aperta berbasis 599 dan kemudian lebih dikenal dengan SP12 EC (singkatan dari pemilik ikoniknya Eric Clapton) yang menggunakan 458 Italia sebagai basis.

Baca juga:

Ferrari Portofino Jelajahi Tanah Sumba

Ferrari SP51 dibuat dari basis 812 GTS. (Foto: Ferrari)

Namun, karena mobil itu adalah 'komisi', SP51 tentunya sudah memiliki rumah, yakni seorang klien yang berbasis di Taiwan, menurut laporan Auto Express. Artinya, mobil tersebut tidak dapat kamu beli, namun jelas sebuah pekerjaan otomotif yang sangat indah dari karya kustomisasi Ferrari.

Banyaknya perubahan di bagian eksterior dari mobil itu berkat modifikasi aerodinamika Ferrari terhadap SP51 demi menjamin kenyamanan tertinggi di dalam kabin. Contohnya, ada lampu depan, bumber, kap mesin, saluran udara baru di bagian depan, dan di bagian samping yang permukaannya dibentuk ulang.

Ada juga ventilasi serat karbon di belakang roda depan. Sementara, bagian belakang SP51 masih menampilkan empat unit lampu melingkar yang khas, meskipun desainnya baru. Kemudian, desain spoilernya lebih menonjol dan mirip dengan yang ditemukan pada model Competizione.

Baca juga:

Ferrari Classiche Academy, Menjajal Gaharnya Mobil Klasik Ferrari di Lintasan Balap

Ferrari SP51 sudah punya rumah di Taiwan. (Foto: Ferrari)

Bumper mobil itu juga telah diberikan tampilan baru dengan diffuser belakang yang telah direvisi, meskipun tidak se-ekstrem yang ditemukan pada varian Competizione dan Competizione A Open-top. Pada bagian dalamnya, ada sisipan biru baru pada jok dan dasbor dengan jahitan putih ditambah penggunaan ekstra serat karbon.

Namun satu hal yang masih sama dengan 812 GTS, ialah monster yang berbaring di bawah kap mesinnya. Adalah sebuah mesin V12 bertenaga 789 dk berkapasitas 6.500 cc tanpa turbo. Diprediksi akselerasi 0-100 km/jam di kisaran tiga detik kecil, dan kecepatan maksimum mencapai lebih dari 340 km/jam. (waf)

Baca juga:

Ferrari World, Tempat Uji Adrenalin Bagi Pecinta Ferrari

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan