Felix Viktor Angkat Piala Sekaligus Pecahkan Rekor di Sea Games 2023

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 26 Mei 2023
Felix Viktor Angkat Piala Sekaligus Pecahkan Rekor di Sea Games 2023
Felix masih berusia 17 tahun saat meraih medali dan memecahkan rekor. (Foto: Instagram/@pbprsi)

"SELAMAT untuk Felix Victor Iberle yang berhasil meraih medali emas di nomor 50 meter gaya dada putra. Felix mencatatkan waktu 27.70 detik," tulis akun instagram resmi Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Felix, atlet renang yang berlaga di Sea Games 2023 mengukir dua prestasi sekaligus. Ia berhasil angkat piala di Sea Games 2023 dan memecahkan rekor baru, yakni mencatat waktu 27.70 detik dalam kategori 50 meter gaya dada putra.

Di balik keberhasilannya, sosok Felix ternyata seorang yang pekerja keras untuk meniti kariernya sebagai atlet renang. Perenang keturunan Jerman dan Pontianak tersebut diketahui menjalani latihan bersama ayahnya di Malaysia yang juga menjadi tempat tinggalnya.

Baca Juga:

Tim Pencak Silat Indonesia Angkat Piala Borong 9 Medali Emas di Sea Games 2023

Ini pertama kalinya Felix berlaga di ajang Sea Games. Semua berawal sekitar enam bulan lalu, saat ia pertama kali menghubungi Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI). Ia mendaftar tim renang Indonesia untuk ajang Sea Games 2023 di Kamboja melalui PB PRSI.

Alhasil, PB PRSI merespons sekaligus menerima keinginan Felix meski ia masih berusia 17 tahun. Faktanya, ia belum pernah masuk ke dalam timnas renang Indonesia. Pengurus besar PB PRSI menyebut bahwa Felix Viktor Iberle termasuk ke dalam daftar ranking terbaik di Federation Internationale de Natation (FINA).

View this post on Instagram

A post shared by Renang Indonesia (@pbprsi)

Saat ini Felix telah menempati peringkat 15 besar Asia, di nomor 50 meter gaya dada putra. Salah satu catatan waktu terbaiknya yakni 27,60 detik pada 65th Malaysia Open Swimming Championship pada 14 Maret 2023 lalu. PB PRSI mengungkapkan bahwa Felix membuktikan kemampuannya meski usianya belum menginjak 20 tahun.

Saat bertanding di Sea Games 2023 Felix berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di nomor 50 meter gaya dada putra yakni dengan catatan waktu 27,70 detik. Waktu terbaik yang pernah diraih oleh Felix adalah 27,56 detik. Rekor waktu tersebut sekaligus memecahkan rekor Sea Games milik perenang asal Singapura, yaitu Chien Yin Lionel Kho yang sebelumnya mencetak waktu 28,15 detik. Salah satu faktor yang membuat ia menjadi juara adalah kegigihannya dalam berlatih.

Baca Juga:

'Clean and Jerk' 170 kg Eko Yuli Pecahkan Rekor Sekaligus Angkat Piala di Sea Games 2023

View this post on Instagram

A post shared by Renang Indonesia (@pbprsi)

Baginya, catatan waktu tersebut mempertajam Rekor Nasional dengan namanya sendiri. Sebelumnya ia dibukukan 27,60 detik di Malaysia Open, pada 14 Maret 2023. Sepulang dari Sea Games 2023 Kamboja, ia langsung terbang ke Malaysia untuk pulang ke rumahnya. Felix akan mengikuti latihan di Malaysia secara rutin agar berpeluang demi proyeksinya menuju Asian Games 2023. (dkr)

Baca Juga:

Persiapan Tim Hoki Indoor Putra Indonesia untuk 'Angkat Piala' di Sea Games 2023

#Mei Sebangsa Angkat Piala
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan