Februari, Anies Ajak Anak Sekolah Ibu Kota Belajar di Sawah

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Selasa, 23 Januari 2018
Februari, Anies Ajak Anak Sekolah Ibu Kota Belajar di Sawah
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tampak asyik menikmati panen padi di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (23/1) pagi. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan usai memanen padi di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (23/1). Ia juga mengklaim bahwa Ibu Kota Jakarta masih memiliki lahan seluas 300 hektar sawah.

Dengan luas lahan sawah itu, Anies berkeinginan sawah di Jakarta dijadikan sebagai sarana pendidikan bagi anak sekolah di Ibu Kota.

"Saya juga akan mengajak para kepala sekolah nanti kerjasama dengan dinas KPKP (ketahanan pangan kelautan dan pertanian) untuk bisa datang ke sini memanfaatkan sebagai arena pembelajaran," ujarnya di Cakung Jakarta Timur, Selasa (23/1)

Mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, kegiatan pembelajaran anak sekolah di area pertanian itu akan dilaksanakan pada bulan depan atau bulan Februari 2018.

Pasalnya, kata Anies, pada bulan Februari sawah itu sedang memasuki masa tanam sehingga anak sekolah tahu bagaimana sebuah proses penanaman padi menjadi gabah hingga menjadi nasi yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat.

"Jadi nanti insyaallah bulan depan akan tanam pada saat tanam itu kita akan berikan kesempatan sekolah-sekolah untuk ajak anak-anak ikut menanam padi di sini, dan nanti pada saat panen Insyaallah bulan Mei anak-anak juga ikut hadir memanen," jelasnya.

Dengan begitu, kegiatan pembelajaran bagi anak-anak tersebut bukan hanya berada di dalam kelas saja. Anies berpandangan, kegiatan terjun langsung ke lapangan sangat bermanfaat bagi anak-anak Ibu Kota. Karena selama ini sebagian besar anak di Ibu Kota belum mengetahui pasti cara menanam padi atau proses menanam padi hingga menjadi beras ataupun nasi.

"Banyak dari anak-anak kita taunya beras sudah jadi nasi. Apalagi menyadari prosesnya dan lain-lain itu karena kita hidup di kota besar, sebagian sudah tidak lagi melihat arena pertanian yang luas. kesadaran soal proses persiapan untuk pangan tidak selalu ada di anak-anak kita," katanya.

Sekadar informasi, pagi tadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan memakai Pakaian Dinas Harian (PDH) memanen langsung padi di Kawasan Cakung, Jakarta Timur. (Asp)

#Anies Baswedan #Panen Raya
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan