Musik
'Fearless (Taylor’s Version)' Guncang Platform Streaming Di hari pertama, album terbaru Taylor Swift langsung mengguncang platform streaming. (Foto: nme.com)

VERSI rekaman ulang Taylor Swift dari album 2008-nya Fearless (Taylor's Version) rilis Jumat (9/4). Dengan perilisan album ini, banyak platform streaming digital mencoba memanfaatkan perhatian penggemar melalui charts dan curated playlists. Pada hari pertama saja, Swift (sekali lagi) memecahkan rekor baru dalam hal albumnya yang menduduki peringkat atas di mana-mana, dari Apple Music hingga Spotify.

Album barunya mencapai No. 1 di tangga lagu Apple Music AS di hari pertama rilis, menjadikan Swift musisi country perempuan pertama yang menduduki peringkat teratas layanan streaming. Itu adalah album country pertama, secara umum, yang juga mencapai puncak tangga lagu yang sama di Inggris. Sorenya, Swift mendominasi tangga lagu country Apple Music, merebut 10 tempat teratas dan mengalahkan Wasted On You milik Morgan Wallen.

BACA JUGA:

‘Drowned In The Sun’ Lagu Baru Nirvana yang Tercipta lewat Kecerdasan Buatan

Selain peran Swifties yang meningkatkan Fearless (Taylor's Version) ke puncak tangga lagu DSP, Apple Music menjadikan Swift the face of its Today’s Country playlist. Platform ini juga mempromosikan kolaborasinya That’s When dengan Keith Urban di posisi No. 1.

Lagu-lagu lain juga muncul, meskipun mereka ditampilkan lebih jauh di daftar putar masing-masing, seperti “Mr. Perfectly Fine” di New Music Daily dan A-List Pop. Namun, meskipun penempatannya lebih rendah, lagu ini juga masuk daftar pertama untuk Lagu Baru Terbaik Apple.

taylor swift
Swift menjadi musisi country perempuan pertama yang menduduki peringkat teratas layanan streaming. (aceshowbiz.com)

Sedangkan untuk Spotify, “Mr. Perfectly Fine” berada di peringkat 33 di tangga lagu 50 Teratas AS - di belakang “MONTERO (Call Me By Your Name)” Lil Nas X dan “Peaches (feat. Daniel Caesar & Giveon)” dari Justin Bieber. Lagu yang sama duduk di No. 14 dari 50 di tangga lagu Global mereka.

Spotify juga merilis single album awal Swift, termasuk kolaborasi dengan Maren Morris berjudul "You All Over Me," pada playlist Today’s Top Hits yang didengarkan hampir 18 juta streaming pada hari pertama, dan "Mr. Perfectly Fine” dengan 6,5 juta streaming di New Music Friday. Kedua langu tersebut juga ditampilkan di Pop Rising.

Platform lain, seperti Amazon Music, tampaknya tertinggal dalam promosi. Swift tidak termasuk dalam daftar Lagu Populer Prime Music, atau wajah unggulan dari daftar putar yang menjadi sorotan. Meskipun demikian, "You All Over Me" menduduki peringkat No. 1 untuk Acoustic Chill.

Single pertama Swift dari "Fearless (Taylor's Version)" adalah rekaman ulang dari lagu hitnya "Love Story" - sekarang berjudul "Love Story (Taylor's Version)" untuk membedakan dirinya dari versi asli Big Machine.

taylor swift
Apple Music juga mempromosikan kolaborasinya "That’s When" dengan Keith Urban di posisi No. 1. (billboard.com)

Swift berusaha untuk merekam ulang album klasiknya setelah hak tersebut kembali padanya tahun ini. Sebelumnya, lima album pertamanya berada di bawah kendali Big Machine Label Group. Kontrak mereka berakhir dengan perpisahan sengit yang dipicu oleh penjualan perusahaan ke Ithaca Holdings dari Scooter Braun pada 2018. Sejak itu, Braun menjual hak master ke Shamrock Capital dalam kesepakatan yang dilaporkan bernilai lebih dari US$300 juta atau Rp4.384.470.000.000.

Versi terbaru dari lagu tersebut dirilis pada bulan Februari, mengumpulkan putaran terbanyak di 40 stasiun radio Teratas, menurut Mediabase (1.259 year-to-date, dibandingkan dengan 512 untuk versi aslinya). Secara bersamaan, "Love Story" yang asli paling banyak diputar di Adult Contemporary (3.741 putaran untuk aslinya versus 339 untuk versi baru) dan stasiun Country (2.403 untuk aslinya dibandingkan dengan 817 untuk update) dan mencapai puncaknya pada bulan Januari, sebulan sebelum versi Swift dirilis.

Di Spotify, versi 2021 telah mencatat hampir 59 juta streaming dan ketika kamu mencari "Love Story", "Versi Taylor" muncul pertama kali.

Melalui proses perekaman ulang album lamanya, Swift mengklaim kepemilikan penuh atas lagu-lagu baru tersebut. Ini juga berfungsi sebagai upaya untuk menurunkan nilai mereka yang memiliki katalog musik remajanya. "Fearless (Taylor's Version)" menandai album pertama dari proses ini. Namun, lagu seperti "Wildest Dreams" disinkronkan untuk film animasi mendatang "Spirit Untamed" menunjukkan bahwa album "1989 (Taylor's Version)" dan lainnya juga sudah di ambang pintu.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Gandalf Disuntik Vaksin COVID-19
ShowBiz
Gandalf Disuntik Vaksin COVID-19

Ian 'Gandalf' McKellen yang disuntik vaksin COVID-19 Pfizer.

Costa Coffee Luncurkan Kopi Rasa Coca Cola
Kuliner
Costa Coffee Luncurkan Kopi Rasa Coca Cola

Zaman sekarang telah banyak keluar produk makanan dan minuman hybrid

PS5 Berlapis Emas Buka Pre-Order, Harga Mulai Rp 139 Jutaan
ShowBiz
PS5 Berlapis Emas Buka Pre-Order, Harga Mulai Rp 139 Jutaan

Pre-order ini akan dibuka mulai Kamis (10/9) oleh peritel mewah yang berbasis di London, Truly Exquisite.

Oktober 2020 akan Jadi Bulannya 'Comeback' Idola K-Pop
ShowBiz
Oktober 2020 akan Jadi Bulannya 'Comeback' Idola K-Pop

Oktober 2020 Penuh dengan Berbagai 'Comeback' Grup Idola.

Restoran Tanpa Pelayan Pertama Dibuka di New York
Kuliner
Restoran Tanpa Pelayan Pertama Dibuka di New York

Menu yang disajikan ialah pangsit.

Inji, Orang Utan Tertua di Dunia Tutup Usia
Fun
Inji, Orang Utan Tertua di Dunia Tutup Usia

Selama beberapa pekan terakhir, kesehatan betina Sumatera berusia sekitar 61 tahun itu mulai menurun.

Tentang Delirium, Gejala Baru COVID-19 pada Pasien Usia Lanjut
Fun
Tentang Delirium, Gejala Baru COVID-19 pada Pasien Usia Lanjut

Lebih dari seperempat pasien di atas usia 65 tahun tiba di ruang gawat darurat dengan mengigau.

Waspada Aplikasi Clubhouse Palsu untuk Android
Fun
Waspada Aplikasi Clubhouse Palsu untuk Android

Para pengguna Android sebaiknya tak asal mengunduh aplikasi, karena tengah banyak beredar aplikasi 'fake' Clubhouse untuk Android

5 Film Indonesia di Netflix yang Akan Tayang September 2020
ShowBiz
5 Film Indonesia di Netflix yang Akan Tayang September 2020

Dari komedi hingga sejarah, cek film Indonesia yang akan hadir di Netflix September 2020.

Garbage Umumkan Album Ketujuh dan Single Terbaru
ShowBiz
Garbage Umumkan Album Ketujuh dan Single Terbaru

Diproduksi oleh kolaborator lama Billy Bush, No Gods No Masters rencananya akan rilis pada Juni 2021.