FDS Bertentangan dengan Semangat Hari Santri Warga NU Kabupaten Banyumas melakukan unjuk rasa menolak penerapan program Lima Hari Sekolah atau FDS, di Alun-alun Purwokerto, Banyumas, Senin (7/8). (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

MerahPutih.com - Ketua Rabithah Ma'had Islami (RMI) Muhammad Atthoilla menyayangkan sikap Mendikbud yang ngotot ingin menerbitkan Permen No 23 Tahun 2017 tentang Full Day School.

Menurutnya, penerbitan aturan FDS bertentangan dengan semangat Hari Santri Nasional yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo.

Hari Santri, katanya, tiada lain merupakan apresiasi negara terhadap peran santri. Santri memiliki kontribusi besar dalam merebut kemerdakaan serta mengisi kemandirian bangsa.

Sayangnya, cara mengapresiasi Mendikbud Muhadjir Effendy terbilang kurang pas. Kebijakan FDS yang digagas sejak tahun lalu mendapatkan penolakan dari kalangan pendidik dan pesantren.

“FDS bertentangan dengan samangat negara yang mengakui Hari Santri,” demikian kata pria yang akrab disapa Gus Aik di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (10/8).

Adanya penolakan FDS di daerah membuktikan bahwa kebijakan tersebut sangat merugikan.

"Para kiai dan santri bergerak atas inisiatif sendiri karena suara mereka tidak didengar, bahkan RMI PBNU pun tidak pernah dilibatkan Mendikbud membahas kebijakan tersebut,” jelas Gus Aik.

Ia juga menyatakan kelompok yang menyebut gerakan #JihadTolakFDS adalah politisasi tidak bisa dibenarkan.

“Kepentingan para santri menolak FDS itu memperkuat karakter pesantren yang terbukti dalam sejarah memiliki semangat kebangsaan tanpa batas,” imbuhnya Gus Aik.

Dia pun menyarankan agar Mendikbud bekerja sama dengan Menag mengampanyekan Ayok Mondok dari pada menerbitkan aturan FDS.

“Dari pada FDS yang ditolak banyak orang, lebih baik Mendikbud bersama Kemenag mengampanyekan gerakan nasional Ayo Mondok yang digunakan oleh banyak kalangan karena nilai positifnya,” tuntasnya. (Fdi)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: PBNU Yakin Jokowi Tolak 'Full Day School'


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH