Kesehatan

FDA Izinkan Vaksinasi COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk Anak

annehsannehs - Selasa, 02 November 2021
FDA Izinkan Vaksinasi COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk Anak
AS akan segera memberikan vaksinasi untuk anak-anak berusia 5-11 tahun. (Foto: pixabay/nastya_gepp)

FOOD and Drug Administration (FDA), agen federal dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan di Amerika Serikat berikan izin untuk vaksinasi COVID-19 kepada anak-anak berusia 5 sampai 11 tahun pada Jumat (29/10). Vaksin yang diberikan memiliki dosis rendah, yaitu Pfizer-BioNTech pediatric.

Dikutip dari Healthline, anak-anak AS pada rentang usia 5-11 tahun memang memiliki risiko lebih rendah terkena COVID-19 ketimbang orang dewasa. Meski begitu, sudah ada lebih dari 1,9 juta anak-anak dalam kelompok usia ini yang terkena COVID-19 di Amerika Serikat. Bahkan, COVID-19 termasuk pada 10 daftar teratas penyebab kematian anak-anak AS dalam rentang usia ini.

Baca Juga:

Vaksin COVID-19 Mengandung Magnet?

Ada lebih dari 8.300 anak dalam rentang usia ini yang harus dirawat di rumah sakit akibat COVID-19. "Jumlah kematian anak-anak berusia 5-11 tahun juga mendekati angka 100, sehingga membuat itu (COVID-19) menjadi salah satu 10 penyebab kematian utama pada rentang usia ini," ungkap director of FDA Biologics Evaluation and Research, Dr Peter Marks.

Anak-anak juga perlu vaksinasi COVID-19. (Foto pixabay/torstensimon)
Anak-anak juga perlu vaksinasi COVID-19. (Foto: Pixabay/torstensimon)

Keputusan pemerintah AS ini didasari oleh data yang diperoleh dari pengujian klinis yang menunjukkan bahwa vaksin berdosis rendah ini 90,7 persen efektif mencegah COVID-19 pada rentang usia 5-11 tahun. Selain itu, dilaporkan bahwa tidak ada efek samping serius terdeteksi pada penelitian yang melibatkan 3.100 anak-anak sudah divaksinasi Pfizer-BioNTech.

Baca Juga:

Ini Perbandingan Vaksin COVID-19 dari Moderna dan Pfizer-BioNTech

"Sebagai seorang ibu dan seorang dokter, aku mengetahui bahwa orang tua, pengasuh, staf sekolah, dan anak-anak telah menunggu-nunggu izin hari ini," ungkap FDA Commissioner Dr Janet Woodcock.

"Vaksinasi anak yang lebih muda terhadap COVID-19 akan membawa kita lebih dekat untuk kembali ke rasa yang normal."

Semoga izin ini juga segera berlaku untuk anak-anak di Indonesia. (Foto pixabay/sasint)
Semoga izin ini juga segera berlaku untuk anak-anak di Indonesia. (Foto: Pixabay/sasint)

Ia juga berharap bahwa hasil dari pengujian klinis tersebut mampu meyakinkan para orang tua dan wali bahwa vaksinasi ini sudah memenuhi standar tinggi dari FDA.

Komite penasehat vaksin dari pihak CDC akan bertemu dengan pihak FDA untuk menentukan mana anak-anak yang paling diuntungkan dari vaksin. Kemudian, CDC akan segera mengeluarkan rekomendasinya terkait hal ini.

Jika berjalan dengan lancar, anak-anak AS pada rentang usia 5-11 tahun bisa mulai menerima vaksin pada akhir minggu pertama November 2021. (shn)

Baca Juga:

Bongkar Klaim Vitamin C Dapat Menyembuhkan COVID-19

#Kesehatan #Vaksinasi #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan