Kecantikan

Fatal, 4 Hal ini Malah Merusak Rambut

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 25 Desember 2019
Fatal, 4 Hal ini Malah Merusak Rambut
Hindari melakukan hal yang berakibat fatal bagi rambutmu. (foto: the list)

APA sih rahasia rambut indah? Selain perawatan rambut yang tepat, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal yang justru buruk buat rambut.

Tanpa sadar, kamu bisa melakukan hal fatal yang malah merusak rambutmu loh. Coba cek, jangan-jangan kamu pernah melakukannya.

BACA JUGA: Cek deh, Warna Outifit yang Cocok dengan Tone Kulitmu

1. Tidak rutin menggunting rambut

rambut
Sebaiknya rutin potong rambut. (foto: the list.com)

Meskipun kamu berniat untuk memanjangkan rambutmu, tetapi sebisa mungkin jangan skip rutinitasmu memotong rambut. Jamielynn De Leon, pemilik Rogue House Salon di New York mengatakan kebanyakan orang yang memiliki rambut panjang merasa bahwa potong rambut tidak perlu. "Kenyataannya, kalian membutuhkannya. Rambut tumbuh dari akar, namun ujung rambut seringkali rusak dan butuh perhatian khusus," ungkap Leon.

Setiap hari keramas bisa membuat rambut bercabang, sehingga dianjurkan untuk kamu memotong rambut setiap dua sampai tiga bulan sekali.

2. Menggunakan conditioner terlalu banyak

rambut
Terlalu banyak menggunakan kondisioner bisa buruk buat rambut. (foto: the list)

Setiap habis keramas, pasti kamu merasakan kalo semakin banyak conditioner yang kamu gunakan maka rambut akan terasa semakin lembut. Meskipun begitu, terlalu banyak conditioner juga akan membahayakan rambutmu lo! "Conditioner berguna untuk melembabkan, bukan untuk membuat rambutmu semakin lembut," ungkap De Leon.

De Leon mengatakan untuk jangan menggunakan conditioner ke akar, tapi gunakan saja di bagian bawah rambut. Daripada conditioner, sebaiknya gunakan hair mask sekali atau dua kali seminggu untuk menutrisi dan memberikan protein pada rambutmu.

3. Terlalu sering menggunakan hair extension

rambut
Hair extension membuat rambut rontok. (foto: the list)

Terlalu sering menggunakan hair extension bisa mengarah ke rambut rontok dan tipis karena rambut yang ditarik. Untuk menjaga keamanan rambut, pastikan penata rambutmu sudah berpengalaman dalam bidang penyambung rambut sehingga tidak akan merusak rambutmu.

4. Mencampur merek shampoo dan conditioner

rambut
Jangan campur-campur merk shampoo dan kondisioner. (foto: the list)

Jangan tergiur harga dan mencampur-campur merek shampoo dan conditioner ya! Setiap shampoo dan conditioner telah dikembangkan dan diuji coba keefisiensiannya secara berpasangan untuk memaksimalkan fungsinya. Birnur Aral, beauty lab director dari Good Housekeeping mengatakan mencampur merek shampoo dan conditioner bisa menghasilkan hasil yang kurang efektif.(shn)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan