‘Fast X’ Langsung Memimpin Box Office AS di Minggu Pertama Penayangan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 22 Mei 2023
‘Fast X’ Langsung Memimpin Box Office AS di Minggu Pertama Penayangan
Tayang sejak 17 Mei, 'Fast X' berhasil duduk di posisi teratas Box Office AS. (Foto: Universal Pictures)

PENONTON nampaknya tak sabar untuk menyaksikan kembali aksi berbahaya Dom Toretto (Vin Diesel) dalam melindungi keluarga dan orang nan dicintainya. Hal ini nampak dari keberhasilan film Fast X yang mampu memuncaki chart Box Office AS di minggu pertama penayangannya.

Mengacu dari laman The Hollywood Reporter, Fast X berhasil duduk di posisi teratas setelah memeroleh pendapatan domestik sebesar USD 67,5 juta (sekira Rp 1 triliun). Sementara itu, di luar negeri pada 84 negara lainnya, film besutan Universal Pictures ini berhasil meraup pundi-pundi sebesar USD 251,4 juta (sekira Rp 3,74 triliun).

Sementara di Tiongkok, Fast X menjadi tayangan Hollywood yang memimpin di bioskop. Sejak debut pada 17 Mei 2023, film ini berhasil meraih pendapatan USD 78,3 juta (sekira 1,16 triliun) di Negeri Tirai Bambu. Hasil pendapatan terbesar Fast X juga didominasi oleh Meksiko, Prancis, Brazil, India, Indonesia, dan Jerman.

Kini, total penghasilan Fast X secara global menyentuh angka USD 318,9 juta (sekira Rp 4,75 triliun). Pendapatan ini tergolong cukup baik, mengingat Fast X juga mendapat skor penilaian film B+ dan rate 54 persen di laman Rotten Tomatoes.

Baca juga:

'FAST X', Dendam Kesumat Musuh Masa Lalu

Meski demikian, pendapatan film kesepuluh dari rangkaian The Fast and the Furious ini masih lebih rendah dibanding film sebelumnya yaitu F9: The Fast Saga. Pada 2021 lalu, film kesembilan franchise itu berhasil menyentuh angka USD 70 juta (sekira 1,04 triliun).

Bagaimanapun, hasil pendapatan tersebut berhasil membuat Fast X mendepak Guardians of the Galaxy Vol. 3 dari puncak ke posisi kedua Box Office AS. Film besutan Marvel dan Disney ini sedang berada di minggu ketiga penayangannya sejak awal Mei. Pada periode 15 hingga 21 Mei 2023, Guardians 3 berhasil mendapat tambahan USD 32 juta (sekira Rp 476,7 miliar) dari pemutaran domestik. Di luar negeri, tambahan keuntungannya menyentuh angka USD 48,8 juta (sekira Rp 726,8 miliar).

Di posisi ketiga, ada Super Mario Bros. Movie. Animasi yang sama-sama diproduksi oleh Universal Pictures ini turun satu peringkat bila dibandingkan minggu sebelumnya. Pada pekan ketujuh penayangannya, kisah Mario meraup pendapatan domestik sebesar USD 9,8 juta (sekira Rp 146 miliar).

Baca juga:

5 Karakter Baru di Film 'Fast X'

Tayangan ini memecahkan rekor terbaru sebagai salah satu film animasi terlaris sepanjang masa. Pencapaian tersebut berhasil diraih setelah Super Mario Bros. Movie mencetak penjualan global senilai USD 1,24 miliar (sekira Rp 18,4 triliun).

Posisi keempat diisi oleh Book Club: The Next Chapter. Film yang menargetkan perempuan dewasa sebagai pasarnya ini mengalami penurunan pendapatan sebesar 57 persen di pekan keduanya. Pada periode ini, film karya Focus Features ini hanya berhasil mendapat keuntungan USD 3 juta (sekira Rp 44,7 miliar). Kini total pendapatan domestiknya ada di angka USD 13,1 juta (sekira Rp 195,1 miliar).

Peringkat kelima dalam chart box office AS ditempati oleh film Evil Dead Rise. Tayangan horor karya Warner Bros. ini meraih USD 2,4 juta (sekira Rp 35,7 miliar) pada minggu kelima penayangannya. Secara global, pendapatan tambahannya mencapai angka USD 3,4 juta (sekira Rp 50,6 miliar). Kini, jumlah penghasilannya memiliki total USD 141,5 juta (sekira Rp 2,1 triliun). (mcl)

Baca juga:

Fast X Mungkin Dibuat Trilogi

#Film #Box Office
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan