Fashion Show ala New Normal oleh Dior Dior gelar peragaan busana tanpa penonton barisan depan. (Foto Mudhesh

PANDEMI COVID-19 tak dimungkiri mengubah segala cara di berbagai bidang. Tidak terkecuali di bidang fesyen. Label fesyen ternama asal Prancis, Christian Dior, salah satu yang mengubah cara mereka. Sambil tetap berpedoman pada kalender peragaan busana 2020, Dior menggelar panggung pada Juli mendatang. Model catwalk Italia akan beraksi tanpa penonton di barisan depan yang biasanya diisi para A-listers.

Mengutip Reuters, pelaku industri fesyen memang harus memutar otak untuk membuat pasar mereka tetap berkembang. Mereka harus kreatif mencari cara agar koleksi tetap disajikan. Beberapa di antaranya memilih membatasi jumlah pakaian yang ditampilkan. Namun, Dior memilih untuk memangkas penonton dalam pergelaran mereka. Perhelatan itu akan di pertengahan musim di Kota Lecce, Italia, pada 22 Juli. Semuanya ditayangkan live.

BACA JUGA:

Ini Kebohongan-Kebohongan Kylie Jenner Seputar Kekayaannya Menurut Forbes

“Kami ingin mengirim pesan dukungan, harapan, optimisme, dan kelahiran kembali,” kata Kepala Eksekutif Dior, Pietro Beccari.

Dior
Meski di tengah pandemi, Dior tetap menyelenggarakan acara fesyen. (Foto Investing)

Beccari mengatakan pihaknya memikirkan baik-baik tentang pemasok besar ataupun kecil. Ia menyebut banyak bisnis keluarga kecil perajin di Perancis dan Italia yang tidak tahu cara bertahan hidup pada kondisi ini.

Sejumlah merek kelas atas kerap mengandalkan perusahaan lain untuk membuat pakaian atau produk mewah yang memerlukan perlakuan khusus, seperti barang yang ditutupi bulu atau diwarna dengan tangan. Dior berencana mempertahankan peragaan busana perempuan di Pekan Mode Paris, yang biasanya dihelat pada September. Beccari mengatakan amat mungkin di acara tersebut, ia akan membawa penonton di barisan depan.

Dior
Membuat pihak Dior memikirkan berbagai acara agar koleksi mereka tetap dipamerkan. (Foto Business Insider)

“Pekan mode penting tidak hanya untuk keluarga mode, ini juga penting untuk kota tempat pertunjukan,” kata desainer Dior, Maria Grazia Chiuri.

Acara fesyen biasanya menjadi bisnis besar untuk kota-kota seperti Paris. Hotel-hotel pasti penuh dan UMKM serta pengrajin akan bergeliat. Sebelumnya, Dior mengunggah koleksi yang dibuat berdasarkan inspirasi dari karya Monsieur Dior.




“Mengenakan #DiorSS20 yang dibuat oleh @MariaGraziaChiuri yang terinspirasi dari kewirausahaan Monsieur Dior, dan saudari tukang kebun yang ulung, Catherine, @RomeeStrijid, dan @Ariviere telah mengenakan aksesori wajib musim ini. Tas tangan baru #LadyDior,” ujar Dior. (and)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini