Fashion Rhapsody Gaungkan Cinta Lingkungan Lewat Industri Fesyen Fashion Rhapsody bawa isu lingkungan di industri fesyen (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

HARI ini, Jumat (1/11), Road to Event Fashion Rhapsody yang bertajuk Harmoni Bumi, resmi dibuka. Gelaran tersebut merupakan acara kedua dari rangkaian acara Fashion Rhapsody.

Road To Event Fashion Rhapsody: Harmoni Bumi, berlangsung dari mulai tanggal 29 Oktober hingga 3 November 2019 di Grand Atrium Hall, Mall Kota Kasablanka.

Baca Juga:

Pameran Indocraft 2019 Bertabur Ragam Produk Batik dan Aksesoris Nusantara

Fashion Rhapsody sendiri merupakan sebuah ide yang muncul lantaran adanya isu lingkungan, yang ditimbulkan oleh industri fesyen sebagai penyumbang limbah terbanyak di dunia. Tentunya guna menjadikan suatu harmoni antara manusia dan bumi agar saling menjaga.

Pada desainer sekaligus founder Fashion Rhapsody (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Pencetus ide yang brilian tersebut ialah empat orang desainer ternama Indonesia, antara lain Ariy Arka, Ayu Dyah Andari, Chintami Atmanagara dan Yulia Fandy.

"Awalnya isu ini muncul di berbagai berita, karena itu kita menggandeng beberapa desainer, dan mencari solusi dan mengkampanyekan selamatkan Bumi, dengan cara mengkaryakan sisa-sisa potongan kain untuk berkreasi dan didistribusikan untuk dijual," tutur Ariy Arka, desainer sekaligus salah satu founder Fashion Rhapsody.

Dalam mengaplikasikan limbah sisa-sisa potongan kain tersebut, Fashion Rhapsody bekerjasama dengan mitra pengrajin.

Sejumlah desainer tampilan rancangan di Road to Event Fashion Rhapsody (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Selain itu Fashion Rhapsody juga merekrut warga tak mampu yang akan dibina untuk mengkaryakan limbah kain tersebut. Hingga akhirnya menjadi sebuah karya bernilai yang dapat dijual kembali.

Pada gelaran Road To Event Fashion Rhapsody: Harmoni Bumi juga dilangsungkan Mini Fashion Show. Dimana beberapa desainer tanah air turut menampilkan rancangannya yang spektakuler.

Baca Juga:

Paulina Katarina dan SOE Jakarta Tampilkan Kolaborasi dengan Strongbow di JFW 2020

Desainer yang mengikuti Mini Fashion Show itu antara lain yakni Ayu Lestari, Qonita Batik, ONH Atelier, Kursein Karzai, Ariy Arka, Yulia Fandy, Chintami Atmanagara dan Ayu Dyah Andari.

Rancangan desainer ternama tanah air di Mini Fashion Show, Fashion Rhapsody (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Dengan naungan Yayasan Cipta Kreasi Mulia, Fashion Rhapsody: Harmoni Bumi kini lebih mengukuhkan diri secara hukum, dan diharapkan menjadi acara tahunan. Menariknya Fashion Rhapsody juga akan dicantumkan dalam kalender event Jakarta Tourism Forum (JTF)

Sedikit informasi Road To Event Fashion Rhapsody, merupakan acara yang dibuat untuk menambah awareness masyarakat, khususnya Ibukota DKI Jakarta tentang apa itu Fashion Rhapsody dan tentang Main Event Fashion Rhapsody, yang akan digelar pada Februari 2020 mendatang.

Dalam gelaran Road To Event Fashion Rhapsody: Harmoni Bumi sendiri, menghadirkan sejumlah rangkaian acara, seperti bazar, fashion show, taklshow, artist performance dan masih banyak yang lainnya. So, Buat kamu yang penasaran? Langsung saja datang ke Grand Atrium Hall, Mall Kota Kasablanka. (Ryn)

Baca Juga:

Mewahnya Kain Tradisional pada 'Street Couture' Rancangan Jeny Tjahyawati di JFW 2020

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH