Fase Uji Coba Bus Listrik Hanya Layani Kawasan Monas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan Pemprov DKI bersama PT. TransJakarta saat ini tengah menyelesaikan proses perizinan dan administrasi operasional Bus Listrik, sebelum resmi mengangkut penumpang di kawasan Jakarta.

Pada fase uji coba hingga bulan Juni 2019, ada 3 Bus Listrik diterjunkan di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk melayani masyarakat.

Dua jenis bus listrik yakni BYD Auto Co Ltd dari Grup usaha Bakrie dengan bendera PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) dan bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa.

"Pada aspek teknis 3 bus di sini nanti akan beroperasi sementara melayani sekitaran Monas sebagai eksebisi, jadi semua orang bisa mencoba dan merasakan," kata Anies di balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin (29/4).

Uji coba akan dilaksanakan hingga 6 bulan ke depan. Namun, lanjit Anies, bila ditemukan kekurangan, uji coba akan dilanjutkan hingga 12 bulan.

Bus Listrik
TransJakarta sedang menguji jalan bus listrik . (Foto: Dok. MAB)

Bus listrik yang diuji coba dibekali baterai berkapasitas 324 kWh yang mampu digunakan untuk menempuh jarak operasional rata-rata 250 Kilometer. Bila menggunakan sumber listrik industri, bus listrik tersebut membutuhkan waktu 3,5 - 4 jam untuk sekali pengisian daya menggunakan arus listrik 40 ampere. Sedangkan jika menggunakan fast charging 90 ampere, hanya membutuhkan waktu 2-3 jam.

Anies berharap keberadaan bus listrik dapat membawa dampak perubahan, terutama perubahan prilaku warga Jakarta untuk lebih memilih menggunakan transportasi massal yang ramah lingkungan.

"Adanya bus listrik ini masyarakat bisa mengurangi kendaraan bermotor dan lebih banyak memilih kendaraan umum," pesan Anies. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH