Fase 3 MRT Jakarta Mulai Dibangun Tahun Depan Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar. (MP/Asropih)

Merahaputih.com - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akan memulai pembangunan fase 3 sesi pertama MRT Jakarta dari Ujung Menteng, Jakarta Timur, sampai ke Kalideres, Jakarta Barat pada 2020 mendatang.

"Fase tiga yang rencananya bisa dicanangkan tahun depan itu adalah dari Kalideres ke Ujung Menteng," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William sabandar di Hotel Mercure, Jakarta Selatan, Kamis (25/7).

Baca Juga: Pelajar Mulai Sekolah, Penumpang MRT Jakarta Merangkak Naik

William mengatakan, proyek MRT Jakarta fase 3 itu sepanjang 31 Kilometer (Km) dan terbagi atas dua stage Kalideres ke Cempaka Baru sepanjang 20.1 Km dan dari Cempaka Baru ke Ujung Menteng sepanjang kurang lebih 11.6 kilometer.

Nantinya ada 23 Stasiun yang melintas dari Kalideres-Ujung Menteng pada fase 3 pembangunan MRT dan akan ada 2 Depo MRT. "Satu bisa di ujung di area Kalideres dan satunya di sekitar Ujung Menteng dan akan ada 22 atau 23 stasiun mulai dari kalideres sampai ke ujung menteng," ungkap William.

Dirut MRT Jakarta
Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar. (MP/Asropih)

Sejumlah langkah juga sudah disiapkan agar masalah pembebasan lahan pada fase 1 tak kembali terjadi pada fase 2. Salah satu langkahnya adalah dengan melakukan pemetaan.

"Pertama pembesan lahan yang tentunya akan dilakukan pemerintah, kedua juga membicarakan secara bisnis dengan pihak-pihak swasta yang lahannya akan dilalui oleh Stasiun MRT Jakarta," tuturnya.

Baca Juga: Sejarah Panjang MRT di Negara-negara Lain Sejak 1863

Berikut daftar stasiun fase 3 MRT Jakarta St. Kembangan II, St. Kembangan I, St. Pesing, St. Grogol, St. Roxy, St.Tanah Abang, St. Sarinah, St. Kebon Sirih, St. Kwitang, St. Senen, St. Galur, dan St. Cempaka Baru berada di bawah tanah.

Kemudian St. Sumur Batu, St. Kelapa Gading Barat, St. Kelapa Gading Timur, St. Perintis, St. Pulo Gadung, St. Penggilingan, St. Cakung Barat, St. Pulo Gebang, dan Depo Ujung Menteng posisinya di atas tanah atau elevated. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH