Fantastis, Sepatu Air Jordan 1s Bekas Michael Jordan Laku Dilelang Rp 8,3 Miliar! Sepatu Nike Air Jordan 1s yang pernah dipakai Michael Jordan laku dilelang dengan harga fantastis (Foto: Sotheby's)

NAMA Michael Jordan (MJ) tentu sudah tidak asing bagi kamu para pencinta olahraga basket. Jordan enggak hanya menjadi legenda di lapangan saja, pebasket asal AS ini juga bahkan memecahkan rekor hanya dengan sepasang sepatu bekas miliknya.

Baru-baru ini, sepatu Nike Air Jordan 1s yang pernah dipakai olehnya berhasil terjual seharga USD 560 ribu atau setara dengan Rp 8,3 miliar dalam acara lelang online yang digelar oleh Sotheby's.

Fantastis, Sepatu Air Jordan 1s Bekas Michael Jordan Laku Dilelang Rp 8,3 Miliar!
Sepatu ini pernah digunakan Jordan pada 1985 (Foto: Sotheby's)

Sepasang sepatu Nike Air Jordan 1s itu pernah dipakai oleh MJ sendiri pada tahun 1985 demikian yang dilansir dari laman Sotheby's. Sepatu tersebut dibuat khusus untuk Jordan dengan ukuran 13 dan 13.5 serta dihiasi dengan warna khas Chicago Bulls, yakni putih, hitam, dan merah.

Kabarnya sih seperti dikutip dari laman New York Times, sepatu tersebut dibuat khusus oleh Nike untuk MJ supaya meyakinkannya untuk menandatangani kontrak dengan Nike.

Baca juga:

Sneakers Terbaik yang Rilis Awal Mei 2020, 2 Di Antaranya Air Jordan lho!

Selain pernah dipakai langsung oleh Jordan selama pertandingan, sepatu tersebut jadi semakin berharga karena dibubuhi dengan tanda tangan sang atlit di bagian atas panel. Warna talinya sendiri dibuat spesial dengan warna merah, padahal sepatu lainnya dengan model yang sama memiliki tali berwarna hitam dan putih.

Fantastis, Sepatu Air Jordan 1s Bekas Michael Jordan Laku Dilelang Rp 8,3 Miliar!
Semakin istimewa dengan tanda tangan dari Michael Jordan sendiri (Foto: Sotheby's)

Lelang online yang diadakan pada 17 Mei tersebut mencetak sejarah baru sebagai sneakers dengan harga termahal. Mengalahkan rekor sebelumnya yaitu Nike 1972 Nike Waffle Racing Flat Moon Shoe yang terjual pada Juli 2019 dengan harga USD 437,500 atau kurang lebih seharga Rp 6,4 miliar.

Padahal awalnya Nike Air Jordan 1s diharapkan terjual dengan harga USD 100-150 saja. Namun ternyata malah terjual hampir 3,5 kali lipatnya. Menurut data dari Sotheby's, penawar sepatu ini berusia 19-50 tahun ke atas dan berasal dari empat benua.

"Penawaran internasional dari enam negara di empat benua tidak hanya hanya menunjukkan daya tarik sepatu Michael Jordan, namun juga menunjukkan bahwa sepatu sneakers benar-benar merupakan pasar global dan berkembang", ujar Brahm Wachter, direktur pengembangan Sotheby's.

Acara pelelangan tersebut diadakan bertepatan dengan hari ketika ESPN menayangkan lanjutan seri film dokumenter The Last Dance. Dokumenter tersebut menceritakan tentang perjalanan karier seorang Michael Jordan. (sam)

Baca juga:

3 Sepatu Adidas Kasual dengan Harga Bersahabat



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH