Faktor Pengalaman Jadi Pertimbangan FBR Dukung Jokowi-Amin Massa FBR. (Instagram/@forum_betawi_rempug)

MerahPutih.com - Pengamat politik, Wempy Hadir menilai Forum Betawi Rempug (FBR) lebih memilih Jokowi-Ma'ruf ketimbang Prabowo-Sandi. Hal ini berlandaskan dari faktor pengalaman.

Wempy beranggapan, FBR tidak mendukung Prabowo-Sandi, karena mereka belum melihat prestasi Prabowo dalam memimpin pemerintahan.

"Sehingga mereka lebih condong memilih Jokowi-Ma'ruf Amin," kata Wempy kepada Merahputih.com di Jakarta, Jumat (8/3).

Paslon Jokowi-Maruf Amin. (Foto/Antara)
Paslon Jokowi-Maruf Amin. (Foto/Antara)

Ia menilai, dukungan FBR kepada Jokowi-Ma'ruf dinilai berdampak positif bagi mereka. Menurut Wempy, dukungan ini merupakan energi positif bagi Jokowi untuk mendapatkan dukungan publik di Ibu Kota.

"Dukungan FBR bisa meningkatkan elektabilitas. Dengan catatan bahwa dukungan ini tidak hanya dukungan pada tingkatan elit belaka, namun bisa turun hingga ke basis akar rumput," katanya.

Wempy mengatakan, dukungan FBR kepada Jokowi tentu mempunyai landasan. Misalnya, mereka melihat Jokowi sudah mempunyai rekam jejak yang bagus ketika memimpin DKI Jakarta.

Selain itu, pertimbangn lain juga bisa muncul, seperti Jokowi yang dilekatkan sebagai pemimpin yang sederhana dan dekat dengan rakyat dan berasal dari rakyat kecil.

"Selama ini presiden kita lahir dari kelompok elit, sementara Jokowi lahir dari kelompok kecil yang merupakan merupakan representasi mayoritas penduduk Indoenesia," jelas pengamat dari Indo Polling Network ini.

Wempy yakin, dukungan yang diberikan oleh FBR Jakarta kepada Jokowi bisa mendorong meningkatnya elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Dengan catatan penting bahwa tidak sekedar dukungan pada level elit, tapi dukungan dari akar rumput melalui kerja kerja politik yang terukur," pungkasnya. (Kan)

Baca Juga: Sandi Bawa Program OK OCE ke Ranah Nasional



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH