Image
Author by : Fitur baru akan dibenamkan pada iOS 8.3, pastinya akan mempermudah pengguna mengunduh aplikasi. (Foto: 9to5mac)

Apple akan melakukan pembaruan pada sistem operasi mobile-nya. Dikatakan bahwa iOS 8.3 akan memberikan lebih banyak kemudahan pada pengembang, dengan menghilangkan penggunaan password saat mengunduh aplikasi. (Baca: Rencana Layanan TV Streaming Apple)

Melalui pengaturan iTunes & App Store pada iOS 8.3, pengguna dapat menonaktifkan persyaratan password untuk aplikasi gratis dan lainnya. Itu berarti, hanya dengan menekan "Get" di iTunes, anda dapat langsung mengirim aplikasi ke perangkat iOS tanpa password. (Baca: PlayStation Vue, Layanan TV dari Sony)

Memang merupakan perubahan yang relatif kecil, tetapi untuk pengembang aplikasi mobile, itu bisa menjadi keuntungan yang signifikan. Bagi banyak pengguna iPhone dan iPad, mengunduh aplikasi baru bukan merupakan aktivitas yang sering. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa, meskipun popularitas perangkat mobile Apple sangat tinggi, sebagian besar pengguna tidak mengunduh aplikasi selama sebulan. 

Bahkan dikatakan oleh comScore hanya ada tujuh persen pengguna iOS per bulan yang mengunduh aplikasi.

Image
Author by : Ternyata selama ini App Store sepi pengunjung meski pun nama Apple sangat tenar. (Foto: 9to5mac)

Dikatakan sebelumnya bahwa pengguna iOS hampir tidak pernah mengunduh atau memperbarui aplikasi pada perangkatnya. Hanya ada tujuh persen dari total seluruh pengguna yang mengunduh aplikasi per bulannya. (Baca: iOS 8.3 Tidak Butuh Password untuk Unduh Aplikasi)

Dengan kata lain, ada pengguna yang secara teratur mengunduh aplikasi dan ada pengguna yang hanya mengunduh jika aplikasi tersebut benar-benar harus dimiliki. Pengguna seperti ini tampaknya relatif puas dengan konten bawaan perangkat mereka, atau malas memperbarui. (Baca: Rencana Layanan TV Streaming Apple)

Menurut TechCrunch, ternyata hal ini bisa disebabkan karena kesulitan dalam menemukan aplikasi baru di App Store, banyak juga yang tidak merasa perlu untuk mencoba aplikasi baru. Pada titik tertentu, keputusan masyarakat untuk menahan diri dari mencoba aplikasi baru juga bisa disebabkan oleh kendala teknis yang sederhana, seperti tidak mampu mengingat informasi akun Apple mereka.

Image
Author by : Apple mengambil keputusan yang tepat bagi banyak penggunanya dengan menghapuskan verifikasi password pada tiap unduhan. (Foto: App Store)

Dikatakan bahwa rencana Apple menghilangkan fitur password pada iOS 8.3 saat mengunduh aplikasi akan menjadi keputusan yang baik untuk mendongkrak hasrat pengembang. Terlebih bagi pengguna iOS yang kerap mengalami kesulitan jika berhadapan dengan password saat ingin mengunduh aplikasi.

Pengaturan yang pertama kali ditemukan oleh 9to5Mac, didapatkan dari salah satu pembaca setianya. Sekarang fungsi ini dinonaktifkan pada perangkat yang menjalankan iOS 8.3 beta, tetapi mungkin akan kembali aktif ketika pembaruan iOS dilepaskan ke publik. (Baca: iOS 8.3 Tidak Butuh Password untuk Unduh Aplikasi)

Di masa lalu, Apple telah memungkinkan penggunanya untuk mengunduh aplikasi secara gratis tanpa memerlukan password, tetapi kemudian berubah. Keputusan ini lah yang membuat banyak penggunanya frustrasi. (Baca: Alasan Pengguna iOS Jarang Unduh Aplikasi)

Perlu diperhatikan, pengaturan untuk bebas password ini hanya muncul ketika Touch ID dinonaktifkan pada perangkat. Sudah jelas bahwa metode yang disukai Apple adalah membuat pengunduhan lebih mudah namun tetap aman.

Selain itu, pengaplikasian password akan tetap diberlakukan untuk aplikasi berbayar, tidak ada pilihan untuk menonaktifkan pengaturan untuk semua jenis unduhan berbayar. Seperti sebelumnya, App Store akan tetap terintegerasi konten iTunes lainnya, termasuk musik, buku, film dan banyak lagi.

Image
Author by : Apple telah merilis iOS SDK bagi pengembang yang ingin membangun aplikasi untuk iOS 8.3. (Foto: Apple Developer)

Bersamaan dengan banyaknya isu seputar iOS 8.3, melalui Apple Developer, Apple juga telah merilis SDK (Software Development Kit) iOS 8.3 untuk para pengembang. (Baca: Alasan Pengguna iOS Jarang Unduh Aplikasi)

SDK adalah dokumen awal untuk API (Application Programming Interface), yaitu sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. (Baca: Hilangankan Password Unduhan adalah Keputusan Tepat untuk Apple)

Apple menyediakan informasi ini untuk membantu anda merencanakan adopsi teknologi dan antarmuka pemrograman, dalam hal ini untuk digunakan pada produk merek Apple. Informasi dalam dokumen ini dapat berubah. 

Perangkat lunak harus dibangun sesuai dengan dokumen tersebut, kemudian harus diuji dengan perangkat lunak sistem operasi akhir dan dokumentasi akhir Apple. Versi yang lebih baru dari dokumen ini nantinya dapat diberikan dalam bentuk beta.

SDK tersebut dikemas lengkap dengan set alat, kompiler, dan frameworks untuk membuat aplikasi pada iOS dan OS X. Alat yang ditertakan termasuk Xcode IDE, alat analisis Instrumen, dan masih banyak lagi.

Dengan perangkat lunak ini, anda dapat mengembangkan aplikasi untuk iPhone, iPad, atau iPod touch yang menjalankan iOS 8. Disertakan juga WatchKit, kerangka kerja untuk mengembangkan aplikasi Apel Watch. Anda juga dapat menguji aplikasi anda menggunakan iOS Simulator.

Untuk menjalankan iOS SDK 8.3, anda tentunya memerlukan perangkat komputer dengan Mac OS X. Apple merekomendasikan untuk menggunakan OS X v10.10 (Yosemite) atau yang lebih baru. Untuk mulai mencobanya, anda cukup klik di sini.