Fakta yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Korea Selatan Perhatikanlah kebiasaan dan budaya di Korea. (Foto: Pexels/Tranmautritam)

KOREA Selatan menjadi destinasi wisata yang populer dalam satu dekade belakangan ini. Kalau kamu baru pertama kali melancong ke Korea Selatan, ada beberapa fakta yang harus kamu ketahui.

Sangat penting untuk mengetahuii dan memahami kebiasaan dan budaya destinasi wisata yang akan kamu keunjungi. Berikut ini beberapa fakta yang telah dirangkum oleh Merahputih.com terkait kebiasaan dan kebudayaan Korea Selatan.


Baca Juga:

Fashion Item ala Korea Selatan ini Wajib Kamu Coba


1. Jangan memeluk di depan publik

korea
Memeluk seseorang di depan publik sangat tidak umum. (Foto: Pixabay/panajotis)

Memeluk orang lain di negara lain di area publik adalah hal yang wajar. Beberapa orang menganggap kebiasaan ini merupakan salah satu tradisi. Berbeda untuk warga Korea Selatan. Memeluk orang di tempat umum bukanlah kebiasaan. Bahkan dianggap tak sopan. Pelukan bisa diganti dengan sambutan sembari gerakan tubuh yang sedikit membungkuk. Lainnya, bisa juga dengan melambaikan tangan.


2. Sumpit

korea
Sumpit di Korea memiliki material pembuatan yang berbeda. (Foto: Pexel/rawpixel.com)


Beda negara, beda bahannya. Kali ini, wisatawan yang berkunjung ke Korea Selatan harus mengetahui perbedaan sumpit. Sumpit di Korea terbuat dari logam dengan bentuk mendatar dan lebar. Bagi yang baru ke Korea, penggunaan sumpit ini memerlukan adaptasi. Tapi, kamu enggak perlu khawatir. Di Korea, menyuap nasi menggunakan sendok bukan sumpit.


Baca Juga:

Selain Kimchi dan Tteokbokki, 5 Makanan Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu

3. Transportasi umum

korea
Jangan berisik kalau naik angkutan umum. (Foto: Unsplash/Harry Cunningham)

Kebanyakan warga Korea Selatan memilih menggunakan transportasi umum. Taksi di Korea Selatan relatif mahal. Khususnya taksi mewah berwarna hitam. Penumpang transportasi umum di Korea Selatan mengutamakan ketenangan dan keheningan. Tak satupun penumpang yang membuat kebisingan. Hal ini dikarenakan kesadaran pribadi untuk tak mengganggu penumpang lainnya. Untuk menjaga ketenangan, pastikan suara ponselmu hanya getar atau dalam volume rendah, atau lebih baik notifikasi dimatikan saja.


4. Ketahui musim yang tepat

korea
Perhatikan musim di Korea. (Foto: Unsplash/Kazuend)


Hindari berwisata ke Korea Selatan saat musim panas, sekitar bulan Juni hingga Agustus. Saat musim ini, suhu menjadi panas dan lembab. Bisa merusak kulitmu dan menghambat aktivitas luar ruangan. Sedangkan, saat musim dingin yang pada bulan Desember hingga Febuari, akan sering turun hujan lebat.

Direkomendasikan untuk berkunjung saat musim gugur atau semi di bulan Maret sampai November. Keindahan pemandangan tanaman sakura dan cuaca cerah melengkapi keseruan liburanmu. Rencanakan perjalanan sesuai kebutuhanmu. (dys)


Baca Juga:

Ini Bedanya Membuat Visa Jepang dan Korea Selatan



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH