Fakta Unik Superhero Muslim Pertama Marvel yang Segera Rilis MCU MCU akan segera merilis live-action dari Ms. Marvel (Sumber: Marvel)

MARVEL Cinematic Universe akan segera merilis live-action superhero Muslim pertamanya, Ms. Marvel. Kisah superhero Ms. Marvel tersebut rencananya akan dirilis di Disney+ pada 12 November 2019. Karakter superhero dengan nama Kamala Khan tersebut digambarkan sebagai perempuan Pakistan-Amerika yang tinggal di kota Jersey. Dengan kekuatannya uniknya, dia melindungi kota Jersey.

Tokoh Ms. Marvel diciptakan oleh Sana Amanat, Stephen Wacker, Willow Wilson dan Adrian Alphona. Karakternya pertama kali muncul di komik Captain Marvel volume 14 tepatnya Agustus 2013. Sang pencipta, Sana Amanat mengungkapkan bahwa alasan karakter Ms. Marvel dibuat sebagai pemeluk agama Islam yakni agar dapat menjangkau penduduk muslim Amerika. Sementara itu, Willow Wilson menuturkan bahwa penciptaan karakter Ms. Marvel sebagai superhero muslim bertujuan untuk menghubungkan semua pembaca tanpa batasan keyakinan atau pengalaman hidup sang superhero. Selain karakternya yang merupakan superhero perempuan muslim, berikut beberapa fakta menarik lainnya tentang Ms. Marvel:

Baca Juga :

Diam-Diam Pahlawan Super Ini Pernah Berhianat Dari Avengers

1. Penggemar Captain Marvel

Captain Marvel
Ms. Marvel ketika berjumpa idolanya, Captain Marvel (Sumber: Marvel Comic)

Ms. Marvel awalnya adalah perempuan biasa. Sebelum menjadi manusia super, Kamala Khan begitu mengidolakan superhero salah satunya Captain Marvel. Dirinya tak pernah bermimpi akan mendapat kesempatan untuk bergabung dengan panutannya, Captain Marvel dalam melindungi masyarakat dari kejahatan. Hingga suatu malam, Black Bolt of Inhumans melepaskan kabut Terrigen ke bumi dan mengenai Kamala. Paparan radiasi dari kabut Terrigen membuatnya bertransformasi menjadi manusia super.

2. Kekuatan Unik

Ms. Marvel
Kamala dapat mengubah ukuran tubuhnya (Sumber: Marvel Comic)

Karena terpapar radiasi kabut Terrigen, Kamala Khan pun menjelma sebagai manusia super dengan kekuatan unik. Ia mampu mengubah bentuk dan ukuran tubuhnya setiap kali mengucapkan kata "Embiggen (membesar)!". Tak hanya dapat mengubah ukuran tubuhnya, kekuatan super lainnya yakni ia mampu menyembuhkan cedera tubuhnya secara cepat.

3. Didukung Penuh oleh Keluarga dan Sahabat

Kamala Khan
Kamala mendapat dukungan keluarga (Sumber: Marvel.com)

Sebagai seorang remaja, kehidupan Kamala lekat dengan keluarganya. Setelah mengetahui bahwa ia menjelma menjadi manusia super, ayahnya yang bernama Yusuf dan ibunya, Muneeba bangga dan mendukung sisi kepahlawanan Kamala. Kendati demikian, kedua orang tuanya berharap Kamala tak pernah lupa dengan akar budayanya. Sementara kakanya, Aamir yang cukup agamis tak pernah bosan membimbing adiknya dengan nilai-nilai agama. Teman sekolahnya seperti Nakia, Zoe dan Josh juga turut mendukungnya dengan menyediakan pasukan perang yang solid dan luar biasa.

4. Bergabung dengan Manusia Super Lainnya

Kamala dan avengers
Kamala saat bergabung dengan anggota Avengers (Sumber: Marvel Comics)

Kekuatan super yang ia dapatkan tersebut ia manfaatkan untuk melindungi jalanan kota Jersey. Tak hanya melindungi kota dari kejahatan biasa, ia juga melindungi daerahnya dari ancaman baru seperti hibrida manusia burung, The Inventor dan sekte Hydra. Dalam perjalanannya menjadi pahlawan lokal, ia bertemu teman sebaya di komunitas superpower. Team-up awal Ms. Marvel adalah Wolverine. Tak lama kemudian, ia bertemu dengan idolanya, Captain Marvel. Dengan senang hati Captain Marvel mendukung dan membimbing pahlawan muda tersebut. Ia pun menjadi salah satu dari The Avengers dan bergabung dengan legenda Avengers seperti Captain America, Thor, Vision dan lain-lain. Perbedaan visi membuatnya berpisah dengan senior dan membentuk kontingen muda, Champions yang terdiri dari anak perempuan Vision bernama Vib dan jelmaan X-Man Cyclops. Ketiganya mendedikasikan diri untuk membantu orang tak berdaya.

5. Potret Remaja Muslim Yang Komplek

Kamala
Kamala Khan (Sumber: Marvel Comics)

Sebelum bermetamorfosis sebagai pahlawan super, Kamala adalah remaja muslim Amerika yang mempunyai berbagai permasalahan kompleks. Ia harus menyeimbangkan kepercayaan agama dan spiritual keluarganya dengan gaya hidup masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Belum lagi saat di sekolah, ia harus menghadapi masalah khas gadis seusianya seperti drama percintaan.

Baca Juga:

Selain Thanos dan Hulk, 5 Karakter Marvel Ini Juga Bisa Gunakan 'Infinity Gauntlet'

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH