kpop

Fakta Unik Perjalanan Transformasi BTS Dulu dan Kini

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Minggu, 23 Mei 2021
Fakta Unik Perjalanan Transformasi BTS Dulu dan Kini
Gaya J-Hope dulu dan sekarang (Sumber: Koreaboo)

SEJAK debut pada tahun 2013 hingga saat ini, semangat dan kerja keras BTS tidak berubah. Mereka terus konsisten dalam berkarya dan menyajikan musik terbaik untuk para penggemar. Spirit berkelanjutan mereka berbanding terbalik dengan konsep berubah-ubah di setiap tahun. Terutama image BTS.

Baca Juga:

BTS Sukses Melelehkan Hati ARMY dengan Lagu 'Butter'

Bagi penggemar BTS sejak lama tentu paham bagaimana perubahan RM dan kawan-kawan dulu dan sekarang. Mereka mengalami transformasi mencolok. Baik dari fashion hingga karakter, mereka terus berubah seiring berjalannya waktu.

BTS
Gelapnya gaya BTS di masa lalu (Sumber: Big Hit Entertainment)

Melihat perubahan image berbeda 180 derajat publik tentu penasaran. Apa tarbelakang mereka berubah? Penasaran? J-Hope coba mengungkapkannya. Ketika duduk bersama Rolling Stone, ia membeberkan apa penyebab citra mereka berubah secara tiba-tiba seiring waktu.

BTS
Gaya rebel BTS di masa lalu (Sumber: Big Hit Entertainment)

Mula-mula ia menjelaskan alasan BTS mengusung konsep gelap dan tangguh di masa lalu agar sesuai dengan konten lirik dan pesan ingin mereka sampaikan. “Dulu ketika kami merilis No More Dream, musik kami mewujudkan pertempuran melawan prasangka dan penindasan. Jadi wajar saja, nilai-nilai seperti itu terbawa ke gaya dan aspek visual rilisnya juga. Bisa dibilang itu adalah identitas kami dan citra ingin kami potret saat itu,” ujar J-Hope.

BTS
Kini BTS terliat lebih chic (Sumber: Naver x Dispatch)

Seiring berjalannya waktu, banyak hal berubah. Tidak hanya tren musik bergeser, BTS juga tumbuh sebagai idola baru dan siap untuk mengembangkan konsep baru. Mereka harus bisa menyesuaikan dengan keadaan agar dapat menjangkau lebih banyak penggemar.

Baca Juga:

Di Balik Konsep Avatar Aespa

“Kita tidak bisa selamanya tinggal dalam keadaan statis itu. Seiring berjalannya waktu, banyak hal berubah dan tren berubah, seperti halnya kecenderungan kita dalam musik,” tuturnya menjelaskan alasan BTS mulai berubah.

Salah satu aspek membantu perkembangan dan perubahan tersebut tentu saja penggemar. Menurut J-Hope, masukan dari penggemar berperan dalam membantu BTS menemukan suara dan citra mereka. “Kami memperhitungkan pengaruh di sekitar kami, termasuk, tentu saja, penonton kami. Pengaruh ini membimbing kita menuju perubahan gaya dan konsep musik kita sendiri,” ucap J-Hope. (*)

Baca Juga:

GFRIEND Resmi Hengkang dari Source Music

#Kpop Idol #KPop #BTS #J-Hope BTS #V BTS #RM BTS #Jungkook BTS #Jin BTS #Jimin BTS #Suga BTS
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan